Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Media Sosial Di Era Digital Sekolah Musik YMS Antapani
Diterbitkan 2024-06-21
Cara Mengutip
Abstrak
Setiap tahun terjadi peningkatan pengguna internet di Indonesia. Era digital memaksa pelaku bisnis untuk bertransformasi kegiatannya dari sistem tradisonal ke digitalisasi, diantaranya penggunaan media sosial. Saat ini, lazim menggunakan media sosial untuk promosi serta pengembangan bisnis agar dapat menjangkau masyarakat luas. Sekolah Musik YMS Antapani merupakan bisnis sekolah musik yang berada di kota Bandung yang memiliki keunggulan dibandingkan sekolah musik lainnya, diantaranya merupakan sekolah musik berbasis industri, di mana siswa tidak hanya diperkenalkan ilmu bermusik tetapi juga industri musiknya berupa kegiatan rekaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sekolah Musik YMS Antapani telah memanfaatkan media sosial untuk promosi, operasional dan pengembangan bisnis, tetapi belum optimal. Hasil Analisa menunjukkan jumlah pengikut pada media sosial YMS Antapani belum mencapai jumlah signifikan, seperti Instagram mempunyai 3.381 pengikut, Facebook mempunyai 419 pengikut, Youtube mempunyai 2.300 pengikut. Perlu langkah perbaikan untuk memperkenalkan YMS Antapani kepada masyarakat luas. Misalnya melakukan penanganan khusus agar dapat memaksimalkan tujuan dari penggunaan media sosial itu sendiri, kemudian mengubahnya menjadi akun bisnis, serta menggunakan influencer untuk mempromosikan agar dapat menjangkau lebih banyak kalangan. Memaksimalkan penggunaan media sosial dapat meningkatkan jumlah siswa YMS Antapani.