Vol 8 No 1 (2024): Common
Articles

Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Media Sosial Di Era Digital Sekolah Musik YMS Antapani

zevy rizky yusra hamdani
universitas multimedia nusantara

Diterbitkan 2024-06-21

Cara Mengutip

Strategi Komunikasi Bisnis Melalui Media Sosial Di Era Digital Sekolah Musik YMS Antapani. (2024). Jurnal Common, 8(1), 43-57. https://doi.org/10.34010/common.v8i1.12744

Abstrak

Setiap tahun terjadi peningkatan pengguna internet di Indonesia. Era digital memaksa pelaku bisnis untuk bertransformasi kegiatannya dari sistem tradisonal ke digitalisasi, diantaranya penggunaan media sosial.  Saat ini,   lazim menggunakan media sosial untuk promosi  serta  pengembangan  bisnis agar dapat menjangkau masyarakat luas. Sekolah Musik YMS Antapani merupakan bisnis sekolah musik yang berada di kota Bandung yang memiliki keunggulan dibandingkan sekolah musik lainnya, diantaranya merupakan sekolah musik berbasis industri, di mana siswa tidak hanya diperkenalkan ilmu bermusik tetapi juga industri musiknya berupa kegiatan rekaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif.  Sekolah Musik YMS Antapani  telah  memanfaatkan  media  sosial  untuk  promosi, operasional  dan pengembangan   bisnis,   tetapi belum optimal. Hasil Analisa menunjukkan jumlah pengikut pada media sosial YMS Antapani belum mencapai jumlah signifikan, seperti Instagram mempunyai 3.381 pengikut, Facebook mempunyai 419 pengikut, Youtube mempunyai 2.300 pengikut. Perlu langkah perbaikan untuk  memperkenalkan  YMS Antapani  kepada  masyarakat  luas.  Misalnya  melakukan penanganan khusus agar dapat memaksimalkan tujuan dari penggunaan media sosial itu  sendiri, kemudian  mengubahnya  menjadi  akun  bisnis,  serta  menggunakan influencer  untuk  mempromosikan  agar dapat menjangkau lebih banyak kalangan. Memaksimalkan penggunaan media sosial dapat meningkatkan jumlah siswa  YMS Antapani.