Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Point Coffee Indomaret Melalui Instagram @pointcoffeeid
Diterbitkan 2024-06-21
Cara Mengutip
Abstrak
Era digital menuntut pemasar untuk dapat memahami perilaku konsumen mereka. Pemasar harus tetap selalu terhubung dengan konsumen, seperti meningkatkan interaksi dan memberikan penawaran eksklusif bagi para konsumennya. Hal ini menjadi salah satu tantangan bagi para pebisnis, salah satunya adalah usaha kuliner dengan konsep coffee shop yang saat ini menjadi salah satu tempat favorit bagi cukup banyak orang, salah satu diantaranya adalah Point Coffee Indomaret. Pemanfaatan teknologi tentu harus dilakukan oleh pemasar saat ini, yaitu media sosial, khususnya Instagram. Point Coffee Indomaret terjun ke dalam media digital sebagai salah satu bentuk pemasaran dengan memiliki akun instagram @pointcoffeeid. Melihat bahwa Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan. Maka dari itu, peneliti menulis penelitian ini untuk meneliti pengaruh pemasaran digital (Digital Marketing) terhadap keputusan pembelian produk Point Coffee Indomaret melalui Instagram @pointcoffeeid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan digital marketing sebagai variabel X dan keputusan pembelian sebagai variabel Y. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei, yaitu penyebaran kuesioner kepada responden sejumlah 100 orang. Berdasarkan hasil perhitungan dengan SPSS 26, hasil uji regresi menunjukkan nilai R sebesar 0.679, artinya terdapat pengaruh positif variabel digital marketing (X) terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Sehingga dengan pengaruh sebesar 46.1%. Selain itu, nilai signifikansi sebesar 0.000 yang mana kurang dari 0.05 serta, diketahui thitung sebesar 9.157 > ttabel 1.984. Dengan demikian, Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti, variabel digital marketing(X) berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian(Y) produk Point Coffee Indomaret melalui Instagram @pointcoffeeid.