Vol 8 No 2 (2024): Common
Articles

KOMPETENSI KOMUNIKASI PEMASARAN MAMA-MAMA PAPUA PENJUAL NOKEN DALAM MENINGKATKAN TECHNOPRENEURSHIP DI KOTA JAYAPURA

izzatul laili
Universitas Yapis Papua

Diterbitkan 2024-12-19

Cara Mengutip

KOMPETENSI KOMUNIKASI PEMASARAN MAMA-MAMA PAPUA PENJUAL NOKEN DALAM MENINGKATKAN TECHNOPRENEURSHIP DI KOTA JAYAPURA. (2024). Jurnal Common, 8(2), 119-134. https://doi.org/10.34010/common.v8i2.12238

Abstrak

Tujuan penelitian menganalisis kompetensi komunikasi pemasaran Mama-mama Papua penjual noken  dalam meningkatkan technopreneurship  di kota Jayapura. Metode penelitian fenomenologi, unit analisis Mama-mama Papua penjual noken dengan kriterianya penjual noken, status sosial ekonomi dan bukan anggota komunitas UMKM. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman mama-mama Papua tentang technopreneursip masih sangat rendah sehingga pemanfaatan teknologi digital dalam berwirausaha juga rendah. Mereka belum mampu menjual noken secara online atau melalui platform-platform media sosial seperti facebook, instagram, dan whatsapp. Selain itu aktivitas menjual noken secara konvensional dilakukan di depan mall, trotoar, pasar tradisional maupun di pinggir jalan karena dianggap lebih mudah dan tidak menyulitkan. Kompetensi komunikasi pemasaran mama-mama Papua penjual noken masih rendah, pasif tanpa ada upaya untuk menawarkan nokennya kepada calon pembeli. Komunikasi terjadi dengan calon pembeli kurang persuasif dan terbatas karena tidak ada tawar menawar harga dengan pembeli. Dengan demikian hambatan mama-mama Papua dalam mengembangkan kompetensi komunikasi pemasaran di bidang technopreneurship adalah terbatas pada kepemilikan perangkat digital seperti Hand Phone, rendahnya tingkat Pendidikan, kurangnya motivasi dan dan tidak adaptif terhadap teknologi digital.

 

Kata kunci : Kompetensi Komunikasi Pemasaran, Technopreneurship, Noken,

                     Jayapura