Vol 7 No 2 (2023): Common
Articles

Upaya Peningkatan Engagement Media Sosial Instagram Oleh Media Parapuan

Tsany Lathifa Nizarisda
Ilmu Hubungan Masyarakat, Universitas Padjadjaran
Feliza Zubair
Ilmu Hubungan Masyarakat, Universitas Padjadjaran
Ahmad Taufiq Maulana Ramdan
Ilmu Komunikasi, Universitas Indonesia Membangun

Diterbitkan 2024-01-09

Cara Mengutip

Upaya Peningkatan Engagement Media Sosial Instagram Oleh Media Parapuan. (2024). Jurnal Common, 7(2), 138-150. https://doi.org/10.34010/common.v7i2.11404

Abstrak

Media sosial saat ini sangat efektif untuk menyebarkan informasi karena cakupannya yang luas. Hal ini mendorong Parapuan menggunakan media sosial dalam membangun brand awareness sebagai media online perempuan yang baru. Tujuan penelitian dilakukan untuk menggambarkan pengelolaan media sosial Instagram @cerita_parapuan oleh Parapuan. Penelitian ini menggunakan konsep The Circular Model of SOME yang merupakan sebuah proses komunikasi dalam menyusun taktik pengelolaan media sosial. Model ini terdiri dari empat tahap yaitu; share, optimize, manage, engage. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Validasi data melalui teknik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Tahap Share, Parapuan menggunakan Instagram karena paling efektif dan cocok dengan target audiens, serta dalam membangun kepercayaan publik berusaha membentuk lingkungan selayaknya sahabat; (2) Tahap Optimize, pencarian trending dilakukan secara manual ke berbagai platform. Parapuan melibatkan diri dalam percakapan dengan mengangkat berita trending menjadi konten; (3) Tahap Manage, media monitoring dilakukan secara manual dan menggunakan tools Keyhole, namun upaya merespon cepat dan berinteraksi secara real-time masih belum optimal; (4) Tahap Engage, Parapuan memanfaatkan professional dan melibatkannya pada kegiatan Instagram Live. Upaya ini belum maksimal karena interaksi audiens masih belum terpenuhi dan salah satu faktornya mengacu pada narasumber yang dilibatkan. Target audiens sudah ditentukan dari manajemen, dan upaya meraih audiens dengan mengadakan giveaway serta mengunggah konten sesuai jam prime time.