Abstract

Saat ini jika membutuhkan informasi apapun, termasuk info toilet training, seorang ibu dapat mencarinya lewat YouTube. Salah satu video yang memberikan informasi tentang toilet training adalah video yang ada di saluran YouTube Mami Namnam. Video ini telah ditonton banyak pengguna internet dan juga memiliki banyak komentar. Berdasarkan fakta tersebut, penulis tertarik untuk menganalisis komentar netizen yang terkait dengan video toilet training ini. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis menggunakan teori uses and gratification dengan tradisi penelitian etnografi virtual. Hasil yang ditemukan oleh penulis adalah banyak ibu yang mengalami kesulitan mengajarkan anak toilet training sehingga mereka mencari video yang bisa mengajarkan hal tersebut. Lalu juga banyak ibu yang bertanya terkait video yang diupload. Dan ada juga ibu yang memberikan komentar positif serta negatif mengenai video tersebut. Komunikasi dalam kolom komentar berlangsung dua arah. Pemilik saluran YouTube selalu berupaya membalas komentar pengguna internet dengan kata-kata positif dan baik