Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memaparkan upaya Eco Learning Camp dalam membangun kesadaran individu untuk peduli pada lingkungan hidup melalui pendidikan nilai berbasis lingkungan hidup. Upaya membangun kesadaran peduli lingkungan hdiup penting dilakukan, mengingat kondisi lingkungan hidup saat ini sudah menunjukkan penurunan kualitas yang cukup signifikan. Dampak yang paling dirasakan adalah perubahan suhu yang ekstrem dan pemanasan global. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanamkan kesadaran tersebut. Salah satunya melalui jalur pendidikan nilai, yang ditempuh oleh Eco Learning Camp atau rumah belajar lingkungan hidup yang dikelola oleh Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup. Melalui metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan informan, observasi dan kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan, melalui serangkaian aktifitas yang dirancangnya, Eco Camp memberikan pengetahuan tentang lingkungan hidup dalam bentuk pendidikan informal praktis sehingga peserta merasakan langsung seperti apa kegiatan yang dilakukan. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain pola hidup ekologis, permainan kelompok, membangun motivasi, bercocok tanam, serta aktifitas lainnya, yang dilakukan secara menyenangkan dengan bantuan pemandu. Simpulan dari penelitian ini adalah wisata pendidikan di Eco Camp berupa pendidikan nilai berbasiskan lingkungan hidup memberikan dampak secara kognitif, afeksi dan psikomotorik pada diri peserta, terutama anak-anak yang mengikuti pendidikan. Penanaman kebiasaan hidup ekologis, terinternalisasi dalam diri peserta termotivasi untuk melakukan aktifitas yang berkaitan dengan gaya hidup ekologis, seperti tidak membuang sampah sembarangan atau membawa air minum dalam botol minum sendiri ke sekolah daripada membawa air minum dalam kemasan.