Pengaruh Komunikasi Persuasif Personal Sales Terhadap Keputusan Pembelian Produk Al-Quran Miracle The Reference E-PEN

Tina Rakhmatin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh komunikasi persuasif personal sales terhadap perubahan sikap konsumen dalam proses keputusan pembelian Al-Quran Miracle the Reference E-Pen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini model Instrumental Theory of Persuasion yang memperhitungkan faktor-faktor komunikator dan pesan, intervening process, dan perubahan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksplanatori. Teknik pengambilan sampel menggunakan responden sejumlah 86 orang, lalu kemudian dilakukan proportionate random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, setelah sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur dalam komunikasi persuasif yakni komunikator dan pesan terbukti memberikan pengaruh signifikan terhadap perubahan sikap konsumen yang terdiri dari perubahan kognisi, afeksi, dan konasi dalam proses keputusan pembelian. Pengaruh pesan terbukti memimiliki pengaruh yang lebih besar terhadap perubahan sikap tersebut dibandingkan komunikator. Faktor-faktor intervening yakni perhatian, pemahaman, dan penerimaan turut memberi andil dalam memberi pengaruh tersebut.

 

Abstract


This research is focusing on how the effect of personal salespersons' persuasive communication on consumers' behaviour change in the decision process of buying Al-Quran Miracle the Reference E-Pen. The theory used in this research is the Instrumental Theory of Persuasion model that reckons the communicator and message factors, intervening process, and behavior change. The method used in this research is explanatory survey. Sampling technique uses 86 respondents, succeeded by proportionate random sampling. The data analysis technique used is path analysis following the validity test and reability test. The output of the research shows that elements in persuasive communication namely communicator and message are proven to have significant effect on the consumers‟ behavior, which consists the cognition, affection, and conation change in the decision process of buying. The message effect is proven to be greater than the communicator effect. The intervening factors namely attention, comprehension, and acceptance also contribute in giving the effect.


Full Text:

PDF

References


Al Rasyid, Harun. 1993. Teknik Sampling dan Penskalaan, Bandung: Statistika Universitas Padjadjaran.

Applbaum, Ronald L. & Karl Anatol. 1974. Strategies for Communication. Ohio: Charles E. Merril Company.

Azwar, Saifudin. 1998. Reliabilitas dan Validitas, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

_____________. 1995. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Berger, Charles R. & Steven H. Chaffe. 1987. Handbook of Communication Science, London: The Publisher of Professional Social Science.

Canggara, Hafield. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

DeVito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia, Jakarta: Professional Books.

Effendy, Onong Uchjana. 1998. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktik, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

____________________. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Elvianaro Ardianto, Metode Penelitian untuk Public Relations, Penerbit Simbiosa, Bandung, 2010.

Infante, Dominic A, Rancer & Womack. 1990, Building Communication Theory, 2nd edt. USA: Waveland Press.

Kennedy, John . E dan R. Dermawan Soemanagara, Marketing Communication,

Cetakan ke-3, PT. Bhuana Ilmu Komputer, 2009.

Krech, David, R.S. Crutchfiels & Egerton L. Ballachey. 1962. Individual in Society: A Text Book of Social Psychology.

Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 2, Ahli Bahasa oleh Damos Sihombing. Erlangga. Jakarta, 2002

Kotler, Philip, dan Gary Armstrong, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12, Jilid 1, Penerbit Erlangga, 2008 Kotler Philip dan Keller K Lane,

Manajemen Pemasaran, edisi 12 jilid 1. Jersey: Prentice Hall. 2007.

Liliweri, Alo. 1991. Komunikasi Antar Pribadi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Malik, Djamaluddin. 1994. Komunikasi Persuasif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mar‘at. 1984. Sikap Manusia, Pengukuran dan Perubahannya, Jakarta: Ghalia.

Nazir, M. 1998. Metode Penelitian, Jakarta: Penerbit Ghalia.

Rakhmat, Jalaluddin. 1997. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

________________ . 2007. Psikologi Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Riduwan. 2005. Metode dan Teknik Menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.

Singarimbun, Masri. 1995. Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES.

Sitepu, Nirwana SK. 1994. Analisa Jalur, Bandung: Unit Pelayanan Statistika Jurusan Statistika Universitas Padjadjaran.

Soemirat, Soleh. 2000. Komunikasi Persuasif, Universitas Terbuka.

Sugiono. 2007. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Supranto, J. 2007. Statistik, Teori dan Aplikasi, Jilid 1, Edisi ke-6, Jakarta: Erlangga.

Susanto, Astrid S. 1993. Komunikasi dalam Teori dan Praktek, Bandung: Bina Cipta.

Tjiptono, Fandy, Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga, Penerbit Andi, Yogyakarta. 2000.

_____________, Pemasaran Strategik, Penerbit Andi, Yogyakarta. 2008.

Walker, Boyd L, 1997. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Alih Bahasa Oleh Imam Nurmawan, Erlangga, Jakarta.

Walker, Boyd L, 2000. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Alih Bahasa Oleh Imam Nurmawan, Erlangga, Jakarta

Tan, Alexis S. 1981. Mass Communication Theories and Research, Ohio: Grid Publishing Inc.

Triandis. 1991. Exploratory Factor Analysis of Behavioral Component of Socials Attitudes, Journal of Abnormal and Social Psychology.

Yusup, M. Pawit. 2009. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan, Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.