OPTIMALISASI BRANDING BUSINESS TO BUSINESS PT. RAKSASA LAJU LINTANG DALAM PENGEMBANGAN UMKM
Main Article Content
Abstract
UMKM adalah sektor yang mendominasi sektor perekonomian Indonesia dan memiliki peran dalam membuka lapangan kerja dan peningkatan pendapatan nasional. Akan tetapi, banyak UMKM memiliki kendala untuk mengakses ruang digital yang menjadi ruang utama dalam pemasaran di masa sekarang. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dirumuskan untuk mengetahui bagaimana strategi branding yang dilakukan oleh PT. Raksasa Laju Lintang (Ralali) sebagai perusahaan penyedia jasa B2B dalam pengembangan UMKM. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi penerapan strategi branding Ralali secara menyeluruh. Penelitian ini disusun untuk menganalisis penggunaan teori new media dan komunikasi persuasif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer pada penelitian ini didapatkan melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder pada penelitian ini menggunakan referensi buku, jurnal dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Ralali membangun branding perusahaan dengan pendekatan yang berdasar pada penawaran solusi sesuai dengan kebutuhan pelaku usaha. Media sosial dan website digunakan oleh Ralali sebagai media untuk menyampaikan narasi brand. Sedangkan expo dijadikan sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dengan target pasar, yang dikemas untuk mempersuasi pengunjung. Media sosial, website dan expo menjadi sinergi dari strategi yang dibangun untuk membangun persepsi positif dan membangun kepercayaan terhadap Ralali bagi para pelaku UMKM. Tim internal Ralali melalui tim kreatif dan marketing, menjadi peran yang strategis dalam membangun konsistensi brand.
Kata Kunci: branding, business to business, komunikasi persuasif, new media, UMKM