PROSES KOMUNIKASI KELOMPOK DALAM METODE PEMBELAJARAN SENTRA UNTUK MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK

  • Rismawaty Rismawaty Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia
  • Sofie Aulia Rahmah Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia
Keywords: Group Communication, Center Learning Methods, Communication Process, Komunikasi Kelompok, Metode Pembelajaran Sentra, Proses Komunikasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses komunikasi kelompok dalam metode pembelajaran sentra di TK Zaid bin Tsabit. Penelitian ini mendiskusikan tentang proses komunikasi kelompok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti ada dengan studi pustaka, penelusuran data secara online, wawancara, observasi serta dokumentasi dengan 3 orang informan kunci yaitu guru di TK Zaid bin Tsabit serta 3 informan pendukung yaitu Kepala TK Zaid bin Tsabit dan 2 orang tua murid. Uji keabsahan data dengan peningkatan ketekunan, triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat, teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi.Hasil penelitian ini bahwa Proses komunikasi yang terjadi merupakan komunikasi langsung yang terjadi dua arah dan dilakukan terus menerus untuk membentuk kemandirian anak. Proses komunikasi yang terjadi dalam kelompok metode pembelajaran sentra membentuk kemandirian anak. Proses komunikasi yang dilakukan oleh guru kepada anak dilakukan dengan memberikan arahan-arahan kepada anak serta contoh dari arahan yang telah disampaikan oleh guru.Kesimpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran sentra membentuk kemandirian anak lewat komunikasi yang dilakukan guru secara terus menerus, karna melalui pembelajaran sentra anak diminta untuk melakukan segala sesuatunya sendiri dalam pengawasan guru. Saran yang diberikan adalah guru harus lebih kreatif dalam memberikan materi pada metode pembelajaran sentra serta bersikap lebih tegas dalam mendidik anak dan melakukan komunikasi yang berkelanjutan dengan orang tua murid. --------------------------------------------------------------------------------- This study was conducted to determine the process of group communication in the center learning method at TK Zaid bin Tsabit. This study discusses the process of group communication. The research method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. The data collection techniques carried out by the researcher were with literature studies, online data searches, interviews, observation and documentation with 3 key informants namely the teacher at TK Zaid bin Tsabit and 3 supporting informants namely TK Head Zaid bin Tsabit and 2 parents. Test the validity of data by increasing perseverance, triangulation and discussion with colleagues, data analysis techniques using data collection, data reduction, data presentation, drawing conclusions and evaluations.The results of this study that the communication process that occurs is direct communication that occurs in two directions and carried out continuously to form the independence of children. The communication process that occurs in a group of central learning methods shapes children's independence. The process of communication carried out by the teacher to the child is done by giving directions to the child as well as examples of directions that have been delivered by the teacher.The conclusion of this study is that the central learning method shapes children's independence through continuous communication by the teacher, because through central learning children are asked to do everything themselves in the supervision of the teacher. The advice given is that the teacher must be more creative in giving material to the central learning method and be more assertive in educating children and making ongoing communication with parents.

References

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. 2011. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Bambang Syamsul. 2015. Dinamika Kelompok. Bandung: CV Pustaka Setia

Chaplin. 1996. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Gea, A. A. 2002. Relasi dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Huraerah, Abu dan Purwanto. 2006. Dinamika Kelompok: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV Mandar Maju.

Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Martuti, A. 2010. Mendidik dan Mengelola PAUD. Bantul: Kreasi Wacana.

Morrison, George S. 2012. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (terj. Suci Romadhona dan Apri Widiastuti). Jakarta: PT Indeks.

Mulyana, Deddy. 2002. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursid. 2017. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Najib, Mohammad. 2015. Dinamika Kelompok. Bandung: CV Pustaka Setia.

Noorlaila, Iva. 2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Parker, Deborah. 2006. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Psikologi Komunikasi: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rismawaty, Desayu Eka Surya, dan Sangra Juliano P. 2014. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Rekayasa Sains.

Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Santosa, Slamet. 2009. Dinamika Kelompok. Jakarta: Bumi Aksara.

Soegoto, Eddy Soeryanto. 2014. Entrepreneurship: Menjadi Pembisnis Ulung. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Solihat, Manap, Melly Maulin P dan Olih Solihin. 2014. Interpersonal Skill. Bandung: Rekayasa Sains.

Sudjarwo. 2011. Dinamika Kelompok. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujino, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Wiryanto. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Grasindo.

Published
2018-12-24
Section
Articles