Abstract

Perkembangan House Journal di Indonesia seiring dengan semakin pesatnya kemajuan dibidang ekonomi dan industri, termasuk kondisi pendidikan masyarakat Indonesia yang semakin tinggi, maka House Journal dianggap sebagai media alternatif dalam melakukan komunikasi antara perusahaan dengan publiknya, baik publik internal maupun eksternal. House Journal juga diperlukan untuk pencapaian citra positif dan perolehan dukungan opini publik pada perusahaan. Bentuk House Journal dan isinya tidak berbeda dengan pers komersial, yang membedakannya hanya pada segmentasi publik pembacanya yaitu lebih khusus, sesuai target publik perusahaan yang akan dicapai. House Journal adalah salah satu dari cara komunikasi organisasi melalui media cetak yang terbit secara berkala yang isinya meliputi berbagai liputan jurnalistik, pandangan tentang topik aktual yang patut diketahui pembaca dan majalah adalah salah satu media internal perusahaan. Disamping tampilannya yang menarik, House Jurnal dalam penelitian ini majalah Kareumbi yang memuat banyak gambar, foto-foto, serta berita-berita yang berhubungan dengan perusahaan. Sehingga tidak sedikit perusahaan yang memilih majalah sebagai media internalnya, termasuk PT. Pupuk Kujang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan Kualitatif dengan metode studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara mendalam, observasi nonpartisipan, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisa data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, Uji keabsahan data dilakukan dengan peningkatan ketekunan, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Departemen Komunikasi PT. Pupuk Kujang sebagai fasilitator komunikasi antara manajemen dan karyawannya menerbitkan Majalah Kareumbi sebagai house jurnal perusahaan yaitu untuk mensosialisasikan berbagai Informasi perusahaan kepada karyawan, mewadahi keinginan dari aspirasi karyawan, menginformasikan kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan. Saran penelitian yang dapat diberikan kepada Departemen Komunikasi PT. Pupuk Kujang adalah mempertimbangkan, melengkapi majalah Kareumbi sebagai house jurnal dengan pengadaan E-Magazine.

 

---------------------------------------------------------------------------------


The development of the House Journal in Indonesia along with the rapid progress in the economic and industrial sectors, including the increasingly high condition of Indonesian society education, the House Journal is considered as an alternative media in communicating between the company and its public, both internal and external. The House Journal is also needed for the achievement of a positive image and the acquisition of support for public opinion in the company. The form of the House Journal and its contents are no different from the commercial press, which distinguishes it only in the public segmentation of the reader, which is more specific, according to the company's public target to be achieved. The House Journal is one of the ways in which organizational communication through print media is published periodically which includes various journalistic coverage, views on the actual topic that should be known to readers and magazines are one of the company's internal media. Besides its attractive appearance, the House Journal in this research is Kareumbi magazine which contains many pictures, photographs and news related to the company. So that not a few companies choose magazines as their internal media, including PT. Fertilizer Kujang. The study was conducted with a qualitative approach with descriptive study methods. Data collection techniques used in-depth interviews, nonparticipant observation, documentation, library studies and internet searching. The research informants were selected using the snowball sampling technique. Data analysis techniques used include data collection, data reduction, data presentation and conclusion, testing the validity of the data is done by increasing perseverance, and discussion of colleagues. The results of the study show that the Communication Department of PT. Pupuk Kujang as a communication facilitator between management and employees publishes Kareumbi Magazine as a company journal house, which is to socialize various company information to employees, accommodate the desires of employee aspirations, inform policies issued by the company. Suggestions for research that can be given to the Communication Department of PT. Pupuk Kujang is considering, equipping Kareumbi magazine as a house journal with E-Magazine procurement.