Inovasi Peningkatan Sumber Daya Mnusia Bagi Perangkat Desa di Desa Bendungan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo

Muhammad Eko Atmojo, Umy Zakiya, Helen Dian Fridayani

Sari


Otonomi daerah dan demokrasi membawa dampak yang luas bagi pemerintahan di Indonesia, salah satunya yaitu Pemerintahan Desa hal ini didukung dengan terbitnya UU No 6 tahun 2014 tentang Desa. Adanya Undang-Undang tentang Desa maka Pemerintah Desa mempunyai kewenangan penuh untuk mengatur tata kelola pemerintahan desa, salah satunya adalah peningkatan sumber daya manusia. Munculnya UU Desa diharapkan seluruh desa yang ada bisa memaksimalkan pengelolaan pemerintahan, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan UU Desa salah satunya inovasi dalam peningkatan kemampuan perangkat desa melalui seleksi terbuka. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan mengutamakan metode wawancara serta dokumentasi. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa seleksi terbuka bagi perangkat desa merupakan metode atau inovasi baru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme perangkat desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa. Dalam pelaksanaan seleksi terbuka ada beberpaa tahapan yang harus dilalui diantaranya adalah pertama, melakukan pembentukan panitia seleksi, kedua mensosialisasikan, ketiga membuka pendaftaran, keempat seleksi administrasi dan kelima seleksi tertulis bagi peserta perangkat desa. Hasil dari seleksi tertulis akan diumumkan secara langsung secara transparan, sehingga tidak ada unsur nepotisme yang terjadi pada pelaksanaan seleksi terbuka perangkat desa. Dengan adanya peningkatan sumber daya manusia di desa maka harapannya pelaksanaan pemerintahan yang efektif, efesien dan akuntabel juga bisa dilaksanakan di tingkat desa.

Kata Kunci


Pemerintah Desa; Inovasi; Perangkat Desa; Seleksi Terbuka

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ashari, Edy Topo. (2010). Reformasi Pengelolaan SDM Aparatur, Prasyarat Tata Kelola Birokrasi Yang Baik. Jurnal Borneo Administrator Vol. 6 No. 2.

Atmojo, Muhammad Eko. (2016). Analisis Proses Promosi Jabatan Aparatur Sipil Negara Studi Kasus: Proses Promosi Jabatan Stuktural Eselon II di Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2014. Aristo Jurnal, Vol 7, Juli.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2016). Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dessler, Gary. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Kesembilan. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Handoko, Hani. (2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE.

Huberman, dan Miles. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Marthis, Robert L. dan Jackson, John H. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyono, Sutrisno Purwohadi. (2014). Sinergisitas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pasca Pemberlakuan UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa. Masalah-Masalah Hukum, Jilid 43 No. 3 Juli.

Moleong, Lexy . J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif (Ed). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. (2012). Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salim, Agus. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Taira Wacana.

Suharto, G Didik. (2016). Membangun Kemandirian Desa (Perbandingan UU No. 22/1999, & UU No. 32/tahun 2004 serta Perspektif UU No.6/ 2014. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susilo, Martoyo. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 5, Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Wijaya, HAW. (2002). Pemerintahan Desa/ Marga: Berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah (Suatu Telah Administrasi Negara). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zulchaidir. (2011). Proses Rekrutmen Pimpinan Birokrasi Pemerintah Daerah di Kabupaten Sleman dan Kota Parepare. Jurnal Studi Pemerintahan, Volume 2 Nomor 2 Agustus.

Kabarkota.com. (2015). SDM Menjadi Tantangan Pengembangan Wisata di DIY. diunduh dari https://kabarkota.com/sdm-menjadi-tantangan-pengembangan-desa-wisata-di-diy-2/. tanggal 13 Juni 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.