Aspek Tangibles Dalam Pelayanan Aksesibilitas Trotoar Jalan Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra Di Kota Bandung

Authors

  • Nia Karniawati Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.34010/agregasi.v6i2.1138

Keywords:

Pelayanan aspek tangibles, aksebilitas trotoar jalan, penyendang disabilitas tunanetra

Abstract

Penyediaan aksebilitas trotoar jalan bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu tugas Pemerintah Kota Bandung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Bandung. Penelitian ini dilakukan pada trotoar di Jalan Ir.H.Djuanda, yang dikenal juga dengan Jalan Dago. Jalan Ir.H.Djuanda merupakan salah satu icon Kota Bandung. Fokus penelitian ini pada aspek tangible dalam pelayanan yang telah dilakukan Pemerintah Kota Bandung dalam penyediaan akses trotoar jalan bagi penyandang disabilitas tuna netra.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan case study dengan analisa deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerintah Kota Bandung melakukan revitalisasi terhadap trotoar di Kota Bandung, termasuk trotoar di Jalan Ir. H.Djuanda pada tahun 2016. Namun revitalisasi ini tidak dilakukan pada seluruh trotoar Jalan Ir. H.Djuanda. revitalisasi difokuskan pada trotoar Jalan Ir.H.Djuanda mulai dari perempatan Jalan Ir.H.Djuanda-Jalan Dipati Ukur sampai dengan perempatan Jalan Ir.H.Djuanda-Jalan REE.Martadinata. Sedangkan trotoar Jalan Ir.H.Djuanda dari Terminal Dago sampai Pasar Simpang Dago tidak dilakukan revitalisasi, sehingga kondisinya memprihatinkan. Sedangkan untuk trotoar yang telah mengalami revitalisasi kondisinya sangat baik. Fasilitas yang tersedia sangat lengkap. Demikian pula dengan fasilitas aksebilitas trotoar bangi penyandang disabilitas tunanetra

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berry dan Pasaruman. 2003. Jurnal “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepercayaan “ vol.21 24-30 (Januari 2003).

Hasibuan, S.P, Malayu. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Dasar dan Kunci Keberhasilan. Jakarta:PT. Toko Gunung Agung.

Labolo. Muhadam. 2010. Memahami Ilmu Pemerintahan Suatu Kajian, Teori,

Konsep, dan Pembangunannya. Jakarta : Rajawali Press

Ratminto dan Winarsih, Atik Septi. 2010. Manejemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karniawati, N., & Apriati, W. (2017). Aspek Transparansi dalam Kualitas Pelayanan pada Penyediaan Aksesibilitas Trotoar Jalan Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra di Kota Bandung. JIPAGS (Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies), 1(1).

Ndraha, Taliziduhu. 1997. Metodologi Ilmu Pemerintahan,Jakarta : Rineka Cipta.

Sedarmayanti. 2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung: Refika Aditama.

Sinambela, Poltak. 2007. Reformasi Pelayanan Publik Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta:Bumi Aksara.

Suyanto, Bagong. 2005. Metode Pnelitian Social : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta : Prenada Media.

Sinambela, Lijan Poltak. 2008. Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan,

dan Implementasi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Wasistiono, Sadu. 2001. Kapita Selekta Manajemen Pemerintah Daerah. Sumedang: Alqoprint.

Zeithaml, A.Valarie, Parasuraman, Berry. (1990). Delivering Quality Service. New York: Free Press.

Sever, Hak etc. 2000. Service Management and Operations, Second Editions. Prentice Hall International, Inc.

Undang-undang Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 1997 Tentang Penyandang Cacat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No.30/PRT/M/2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksebilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

SK Menpan No. 62/Kep./M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor : 26 Tahun 2009 Tentang Kesetaraan dan Pemberdayaan Penyandang Cacat.

Detik,2015. melalui http://news.detik.com/jawabarat/2766187/tunanetra-di-bandung-desak-ridwan-kamil-jalankan-perda-disabilitas

jurnalasia,2016. Melalui http://www.jurnalasia.com/bisnis/properti/revitalisasi-trotoar-di-bandung-selesai-akhir-2016/

Rustanto,B.2013. Melalui http://bambang-rustanto.blogspot.co.id/2013/08/konsep-disabilitas.html.

https://id.wikipedia.org/wiki/Difabel.

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles

How to Cite

Aspek Tangibles Dalam Pelayanan Aksesibilitas Trotoar Jalan Bagi Penyandang Disabilitas Tunanetra Di Kota Bandung. (2018). Jurnal Agregasi : Aksi Reformasi Government Dalam Demokrasi, 6(2). https://doi.org/10.34010/agregasi.v6i2.1138