IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN DAN PENCIPTAAN BRANDING KAWASAN KAMPUNG KOTA DI KAWASAN BLOK TAHU CIBUNTU, KELURAHAN BABAKAN, KOTA BANDUNG
Abstract
ABSTRAK
Pemerekan tempat (branding space) saat ini menjadi salah satu inovasi dalam mengembangkan suatu tempat atau kawasan agar dapat bersaing di tengah perkembangan zaman, pemerekan tempat tidak hanya berkutat pada jargon atau simbol-simbol tertentu, namun didalamnya diperlukan identitas yang merupakan modal utama untuk mengembangan kawasan tersebut agar dapat dikenal dan memiliki asosiasi khusus di benak masyarakat. Khususnya dalam konteks kampung kota, dimana biasanya kampung kota memiliki cap kumuh dan tidak teratur, pemerekan tempat ini bisa dijadikan solusi alternatif untuk menata kawasan tersebut ke arah yang lebih baik, pemerekan dilakukan berdasarkan identitas serta segala atribut yang ada di dalam kawasan kampung kota agar memiliki asosiasi positif di benak masyarakat. Penelitian ini akan mengidentifikasi bagaimana perkembangan kawasan blok tahu cibuntu yang merupakan salah satu kawasan kampung kota di Kota Bandung hingga memiliki identitas sebagai penghasil tahu berkualitas, produk tahu yang berasal dari kawasan tersebut memiliki asosiasi positif di benak konsumen, dan juga akan mengidentikasi bagaimana penciptaan branding di kawasan tersebut bisa dilakukan. Dengan melakukan metode penelitian kualitatif serta pendekatan etnografi diharapkan penelitian ini bisa mendapatkan gambaran utuh tentang bagaimana perkembangan kawasan tersebut sehingga memiliki identitas juga bagaimana penciptaan branding yang dilakukan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa perkembangan kawasan tersebut hingga memiliki identitas sampai hari ini melalui proses yang panjang dan tercipta secara organik, dimana masyarakat secara turun temurun melakukan kebiasaan serta menjaga kearifan lokal yang ada, lalu penciptaan branding terjadi melibatkan pemangku kebijakan setempat yakni Kelurahan Babakan yang memiliki andil membuat kebijakan untuk menjadikan kawasan tersebut memiliki ciri khas, penciptaan branding juga meilbatkan seluruh komponen masyarakat yang ada di kawasan tersebut.
Kata Kunci : Branding Space, Kampung Kota, Pemerekan Tempat.