Abstract

ABSTRAK


Kabupaten Bekasi merupakan wilayah yang perekonomiannya ditunjang besar oleh sektor perindustrian. Hal ini dapat dilihat dari data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Berlaku menurut Lapangan Usaha Kabupaten Bekasi Tahun 2013 yang menjelaskan bahwa sektor industri merupakan sektor terbesar dengan angka mencapai 102.673.539,21 Juta Rupiah atau sekitar 76% dari hasil pendapatan kabupaten secara keseluruhan dalam kurun waktu 2010-2013. Disamping itu, hal ini juga diperkuat dengan banyaknya kawasan industri yang ada daerah tersebut diantaranya kawasan industri Jababeka, Greenland International Industrial Center (GIIC), Kota Deltamas (Deltamas), East Jakarta Industrial Park (EJIP), Delta Silicon, MM2100, BIIE dan sebagainya yang tergabung dalam Zona Ekonomi Internasional (ZONI).


Aktivitas industri di Kota Cikarang menjadi fenomena yang menarik untuk diteliti. Fenomena pengelompokan industri terlihat beraglomerasi di beberapa bagian wilayah perkotaan Cikarang. Karakteristik wilayah aglomerasi tersebut dilihat berdasarkan jumlah industri, jumlah tenaga kerja, jumlah jenis industri, tingkat kepadatan industri, tingkat kepadatan tenaga kerja, serta luas wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik wilayah aglomerasi serta perkembangannya antara tahun 2006 dan 2013.


Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data perusahaan industri di wilayah perkotaan Cikarang tahun 2006 dan 2013. Data tersebut dianalisis menggunakan unit analisis grid dengan ukuran 1x1 km2. Bedasarkan hasil analisis diketahui bahwa terdapat 2 wilayah aglomerasi industri pengolahan di wilayah perkotaan Cikarang pada tahun 2006, dan 3 wilayah aglomerasi industri pengolahan di wilayah perkotaan Cikarang pada tahun 2013. Dari ketiga wilayah aglomerasi tersebut, wilayah aglomerasi industri di Kecamatan Cikarang Selatan mempunyai luas wilayah, jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja, jumlah jenis industri, tingkat kepadatan industri, dan tingkat kepadatan tenaga kerja paling tinggi.


                                                                                                                                                       


Kata Kunci: Industri, Aglomerasi, Cikarang