IMERSIFITAS GAME UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH

  • Abi Senoprabowo
  • Noor Hasyim
Keywords: Imersifitas, Game, Pendidikan Sejarah

Abstract

Pendidikan sejarah saat ini sangat kering dan membosankan. Siswa didik hanya belajar melalui buku dengan cara menghafalkan nama dan kapan peristiwa tersebut terjadi. Hal ini membuat generasi muda jenuh belajar sejarah. Belajar sambil bermain menjadi terobosan dalam sistem belajar. Dalam mendidik siswa, dapat digunakan sistem pembelajaran berbasis pengalaman. Game adalah salah satu media interaktif yang menjadi solusi belajar sambil bermain. Salah satu faktor penting dalam game bersifat imersif, dapat membuat pemain seakan akan larut didalam game dan tidak peduli dengan keadaan di sekitarnya. Sifat imersif juga dapat mempengaruhi penerimaan pemain terhadap isi dan pesan dari game. Imersifitas membuat pemain dapat seolah-olah menjadi bagian dalam peristiwa dalam game. Game memberikan pengalaman pada pemain game, sehingga dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran sejarah. Tulisan ini akan membahas pemanfaatan imersifitas game dalam pembelajaran sejarah melalui studi kasus pada Game Samurai Warriors.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Bandung. (2008). Workshop Penelitian dan Pengembangan Kebudayaan: Penulisan Karya Ilmiah dan Perekaman Data, materi workshop, Bandung, 12-14 Februari 2008.

Chin, Elliott & Cohen, Mark (2004). Prima Official Game Guide: Samurai Warriors. Roseville: Prima Games.

Hamid, S. Hasan. (2010). Pendidikan Sejarah: Kemana dan Bagaimana?. Jurnal Pendidikan Sejarah-AGSI, 1, 6-10.

Jenkins, David. (2004). CESA Game Awards 2004 Announced. Diunduh dari Gamasutra website: http://www.gamasutra.com/view/news/95442/CESA_

Game_Awards _2004_Announced.php.

Moody, M. Kyle J. (2005). Samurai Warriors: A Historical and Cultural Evaluation A Ninth and Tenth Grade English Language Arts Unit Prepared for the 2005 NCTA Southern California Fall Session. Diunduh dari UCLA International Institute website: http://www.international.ucla.edu/asia-archive/lessons/moody/moody.pdf.

Negroponte, Nicholas. (1998). Being Digital: Menyiasati Hidup Dalam Cengkraman Sistem Komputer. Terj. Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan.

Newman, James. (2004). Video Games. London: Routledge.

Schell, Jesse. (2008). The Art of Game Design: A Book of Lenses. Burlington: Morgan Kaufmann.

Slater, Stuart. (2002). Enhancing The Immersive Experience. School of Computing, Wolverhampton University.

Sweetser, Penelope & Wyeth, Peta. (2005). GameFlow: a model for evaluating player enjoyment in games. Computers in Entertainment, 3(3), 1-24.

Published
2013-08-02
How to Cite
[1]
A. Senoprabowo and N. Hasyim, “IMERSIFITAS GAME UNTUK PEMBELAJARAN SEJARAH”, Visualita, vol. 5, no. 1, Aug. 2013.
Section
Articles