BUDAYA PERCEPATAN DAN PERCEPATAN BUDAYA

  • Ivan Kurniawan
Keywords: Budaya, Internet, Percepatan, Smartphone, Virillo

Abstract

Sepanjang sejarah kehidupan, manusia selalu berusaha untuk mencari solusi terkait masalah yang dihadapinya. Dalam perkembangan peradaban, manusia telah berhasil menemukan teknik-teknik untuk meningkatkan kualitas hidupnya, diantaranya berupa teknologi dan desain. Saat ini teknologi bukanlah sesuatu yang asing bagi masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat acap kali bersinggungan dengan hal yang terkait dengan teknologi. Teknologi telah menghadirkan solusi untuk mempermudah hidup, mempersingkat perjalanan, dan menyederhanakan proses. Namun dibalik kemudahan yang ditawarkannya, ternyata ada hal-hal negatif yang dapat ditimbulkan oleh teknologi. Fenomena asosial, penyerapan budaya luar, dan revolusi gaya hidup telah begitu merebak dalam masyarakat. Hal tersebut tentu tidak lepas dari peran teknologi yang memudahkan dan mempercepat aktifitas manusia. Sekat ruang dan waktu dirasa telah mulai pudar. Batas-batas geografis juga tidak mampu untuk membendung arus informasi yang ada. Kondisi tersebut tentu akan mengakibatkan pergeseran pada budaya masyarakat. Secara khusus artikel ini akan membahas mengenai potensi teknologi dan desain dalam memberi pengaruh pada perubahan budaya masyarakat melalui teori dromologi yang diungkapkan oleh Paul Virillo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heskett, John. 2005. Design: a very short introduction. New York : Oxford University Press.

Grimaldi, Joe. 2003. Inside the minds: the art of advertising: CEOs from BBDO, Mullin advertising & more on generating creative campaigns & building successful brands. Boston: Aspatore Books.

Slade, Giles. 2007. Made to break: technology and obsolescence in america. Cambridge : Harvard University Press

Karaiskos, D., Tzavellas, E., Balta, G., and Paparrigopoulos, T. 2010. P02-232 – Social network addiction : a new clinical disorder? European Psychiatry [Online] 25, Sumber: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0924933810708464 [diakses tanggal 4 maret 2011].

Purser, Ronald, E. The coming crisis in real-time environments: a dromological analysis, Sumber: http://online.sfsu.edu/~rpurser/revised/pages/DROMOLOGY.htm, diakses 10 Maret 2012.

ed. Hartmut, Rosa, and Scheuerman, William, E. 2009. High-speed society : social acceleration, power, and modernity. Pennsylvania: The Pennsylvania State University Press.

Published
2011-02-02
How to Cite
[1]
I. Kurniawan, “BUDAYA PERCEPATAN DAN PERCEPATAN BUDAYA”, Visualita, vol. 3, no. 1, Feb. 2011.
Section
Articles