SEMIOTIKA PADA POSTER IKLAN AIDS PERANCIS VERSI ‘SCORPION’ TBWA PARIS

  • Deni Albar
Keywords: Semiotika, Poster, AIDS, Saussure, Barthes

Abstract

Poster iklan layanan masyarakat tentang AIDS ini dibuat oleh agensi TBWA Paris, Perancis sebagai poster nasional dalam kampanye sosial pencegahan HIV Aids dengan penggunaan kondom. Pengalamat atau pengirim dalam hal ini AIDES Perancis pada khususnya, mencoba memberikan suatu pesan pada masyarakatnya atau penerima dari poster. Reaksi berdatangan dari audiens, baik respon positif maupun respon negatif. Respon-respon diatas merupakan gambaran akan bagaimana suatu tanda diterima di masyarakat, baik yang memahami maupun yang memang benar-benar tidak memahami maksud dari iklan tersebut. Tentunya hal tersebut berkaitan dengan budaya, tingkat pendidikan dan lain sebagainya. Menarik apabila hal ini dikaji dengan semiotika, sehingga tentunya dapat di interpretasikan dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotika. Dalam poster iklan AIDS versi Scorpion ini, dapat ditelaah berdasarkan denotasi dan konotasi yang muncul dalam setiap objek yang ada. Hasil dapat disimpulkan dengan Poster iklan kampanye layanan masyarakat mengenai penggunaan kondom untuk hubungan seks yang aman ini menggunakan metafora. Konsep utama yang ingin disampaikan adalah untuk berhati-hati dalam melakukan hubungan seks, dimana pasangan yang bisa ditemukan sembarangan bisa saja menyandang virus HIV Aids yang bisa menyengat secara perlahan-lahan tanpa disadari. Pesan ini dimetaforakan dengan imaji kalajengking hitam besar. Pesan imaji diperkuat dengan pesan linguistik untuk menggunakan kondom agar terjaga dari virus HIV AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heidi. 2007. Difference between male and female structures(mental and physical). Dikutip dari http://www.steadyhealth.com/articles/Difference_

between_male_and_female_structures__mental_and_physical__a613.html. Diakses pada 20 April 2009.

Miller, Daniel., Woodward, Sophie. 2007. A Manifesto for the Study of Denim. Dikutip dari http://www.ucl.ac.uk/anthropology/people/academic

_staff/d_miller/mil-12. Diakses pada 21 April 2009.

National Geographic. 2009. Scorpion. Dikutip dari http://animals.nationalgeographic.com/animals/bugs/Scorpion/. Diakses pada 01 Agustus 2009.

Planet Animal. 2009. Scorpion. Dikutip dari http://animals.howstuffworks.com/arachnids/Scorpion-info.htm. Diakses pada 21 April 2009.

Piliang, Yasraf Amir. 2004. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies atas Matinya Makna. Jalasutra: Yogyakarta.

Piliang, Yasraf Amir. 2008. Multiplisitas dan Diferensi: Redefinisi Desain, Teknologi dan Humanitas. Jalasutra: Yogyakarta.

Scholarshiphunter. 2009. SEX in the DORMS? Yes, it does happen. Dikutip dari http://www.scholarshiphunter.com/sexinthedorms.html. Diakses pada 21 April 2009.

Sciolino, Elaine. 2008. France. Sex. Problem? . Dikutip dari http://www.nytimes.com/2008 /10/30/fashion/30cliente.html?pagewanted=all&_r=0. Diakses pada 01 Agustus 2009.

Williams, Angelita. 2009. The 100 Essential Books You Should Have Read in College. Dikutip dari http://www.onlinecollegecourses.com /2009/07/30/the-100-essential-books-you-should-have-read-in-college/ . Diakses pada 01 Agustus 2009.

Published
2009-08-02
How to Cite
[1]
D. Albar, “SEMIOTIKA PADA POSTER IKLAN AIDS PERANCIS VERSI ‘SCORPION’ TBWA PARIS”, Visualita, vol. 1, no. 1, pp. 10-18, Aug. 2009.
Section
Articles