Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Gerakan Shalat

Re Arief Ahmadi, John Adler, Selvia Lorena Ginting

Abstract


Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan
yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan
nyata secara realtime. Penelitian ini akan memasukkan
teknologi AR kedalam bentuk media pembelajaran gerakan
shalat khusus untuk anak sekolah dasar. Aplikasi ini
dirancang untuk memudahkan para guru supaya lebih
mudah menerangkan tentang pembelajaran gerakan shalat
menggunakan metode baru. Metode ini akan menambahkan
fungsi buku yang bersifat konvensional karena akan
dilengkapi dengan marker (penanda). Buku tersebut akan
memanfaatkan metode tracing setelah marker dideteksi,
animasi gerakan shalat 3D digambar diatas marker seolah-
olah nyata. Untuk menggunakan model gerakan shalat pada
aplikasi ini, model harus dibuat terlebih dahulu dengan
perangkat lunak desain 3D (Blender) kemudian diubah
formatnya menjadi format yang didukung oleh aplikasi ini.
Pada proses pengubahan format ini, terjadi berbagai macam
masalah yang menyebabkan model yang ditampilkan
berbeda dengan model asli atau bahkan gagal ditampilkan.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan tiga metode
yang berbeda, yaitu kemiringan kamera, marker terhalang,
serta kontras cahaya. Pada pengujian kemiringan diperoleh
hasil bahwa pendeteksian maksimum terdeteksinya marker
pada kemiringan 60o, lebih dari 60o kamera tidak dapat
melakukan deteksi marker dikarenakan marker tidak
dikenali oleh kamera scan marker. Pada pengujian marker
terhalang disimpulkan ketika marker terhalang, kamera
scan marker masih dapat melakukan proses scan terhadap
lebih dari 20% marker yang tidak terhalang dan
menampilkan objek 3D di atas marker. Sedangkan pada
pengujian kontras kamera scan marker masih dapat
melakukan proses scan terhadap 70% marker yang
kontrasnya dikurangi.

Kata kunci - Augmented Reality, shalat, marker.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.