Aplikasi Sensor Gyro Pada Pemilihan Channel TV Untuk Orang Berketerbatasan

Asep Sholahuddin, Deni Setiana

Abstract


Abstrak— Seorang manusia normal akan mudah memindahkan channel Televisi(TV), tapi bagaimana cara memindahkan channel TV bagi seseorang yang mempunyai keterbatasan anggota badannya sehingga hanya bisa menggerakan kepalanya?

Pada paper ini telah berhasil diaplikasikan topi pengendali  untuk pemindahan chanel TV dengan menggunakan sensor Gyro melalui kepala, kemudian datanya dikirim ke  transmiter TV menggunakan transmisi Wireless kemudian dikirimkan frekwensinya melalui Infra Red pada receiver TV.   Tahapan penelitian yang dilakukan adalah mendeteksi frekwensi  remote TV kemudian datanya disimpan pada mikrokontroler Arduino dan Transmiter infra Red, sehingga Arduino tersebut bisa memindahkan channel TV. Mikrokontroler Arduino dihubungkan dengan topi pengendali yang dilengkapi perangkat lunak untuk mendeteksi kemiringan kepala melalui transmisi Wireless.  Hasil deteksi kemiringan kepala dengan sensor Gyro kemudian memilih kode channel yang akan dijalankan maka channel TV tersebut akan berpindah sesuai dengan yang diinginkan.

Pecobaan yang dilakukan adalah dengan memilih tombol sebanyak 7 tombol  yaitu tombol next dan previous serta tombol 1 sampai dengan 5. Hasil percobaan sebanyak 10 kali menunjukan 100%  semua tombol tersebut bekerja dengan baik.

Kata kunci: Sensor Gyro, Arduino, orang yang berketerbatasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.