2017
Articles

Perancangan Sistem Pelatihan Berbasis Web

Published August 20, 2018

Abstract

Abstrak - Pemanfaatan sistem informasi dapat digunakan untuk pengembangan sumber daya manusia salah satu contohnya adalah sistem informasi pelatihan. Menurut Whitten, Bentley dan Dittman (2004) perancangan sistem informasi dapat dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai macam pendekatan analisis dan desain sistem untuk aplikasi yang dianggap tepat untuk masalah tersebut atau disebut juga agile method. Menurut Whitten dan Bentley (2007) model-driven analisys merupakan sebuah pendekatan pemecahan masalah yang menekankan pembuatan gambar model-model sistem untuk mendokumentasikan dan memvalidasi sistem yang ada maupun usulan. Sebelum mengembangkan sistem informasi pelatihan diperlukan analisis sistem yang akan dibuat berdasarkan data-data serta kebutuhan yang dapat diperoleh berdasarkan observasi serta dokumen-dokumen yang tersedia. Analisis yang dilakukan adalah 5 fase yaitu definisi lingkup, analisis masalah, analisis pesyaratan, desain logis dan analisis keputusan. Setelah dilakukan analisis terhadap sistem maka dilakukan perancangan sistem.

Perancangan sistem ini adalah dengan membuat desain fisik dari hasil analisis sistem yang telah dibuat. Desain fisik yang dilakukan pada perancangan sistem informasi pelatihan adalah dengan dibuatnya struktur basis data yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Database Management System. Perancangan struktur basis data tersebut terdiri 12 tabel, yaitu tabel karyawan, tabel pelatihan, tabel peran, tabel pengusulan, tabel karyawan pelatihan, tabel provider, tabel evaluasi pelatihan, tabel penilaian evaluasi, tabel jawaban kuisoner pelatihan, tabel kuisoner pelatihan, tabel unit kerja dan tabel divisi.

Hasil analisis dan perancangan yang baik akan memudahkan dalam proses implementasi pembuatan aplikasi sistem informasi pelatihan serta mempermudah installasi sistem.

Kata kunci: Sistem Informasi,  Perancangan Sistem, Model driven analisys, Database Management System