Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Web di Puskesmas

Pradikta Andrianto, Agus Nursikuwagus

Abstract


AbstractSistem informasi pada puskesmas atau pusat kesehatan masyarakat mempunyai beberapa kegiatan, antara lain pendaftaran pasien, rekam medis pasien, pelayanan pasien, antrian, dan pelaporan. Tujuan dari pembuatan sistem informasi pelayanan kesehatan ini untuk membantu kinerja petugas dan dokter pada puskesmas, seperti pencarian data pasien, menambahkan rekam medis, dan pembuatan laporan . Jika terjadi masalah di puskesmas, petugas dan dokter bisa melakukan proses pelayanan dimana saja, serta data pasien aman dari gangguan fisik, dikarenakan sistem ini sudah terhubung pada internet.

Pembangunan sistem dengan tujuan yang sudah dipaparkan, menggunakan metode pengembangan prototype dengan tahapan-tahapan pengumpulan kebutuhan, membangun prototyping, evaluasi prototyping, mengkodekan sistem, menguji sistem, evaluasi sistem, dan menggunakan sistem. Perancangan sebuah sistem, tentu saja dibutuhkan alat bantu menggunakan Unified Modeling Language (UML) dengan use case diagram, activity, sequence diagram, class diagram, object diagram , component diagram, dan deployment diagram.

Hasil yang diperoleh dari perancangan dan pembangunan sistem ini menyediakan informasi rekam medis pasien, menyediakan informasi antrian pasien, menyediakan informasi resep obat, dan menyediakan informasi laporan pasien.

 

Keywords—Sistem Informasi, Pelayanan Kesehatan, Website, Rekam Medis, Prototype


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.