Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Penjualan Macrame Handycraft Bagi Ibu Rumah Tangga RT 01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung
Main Article Content
Abstract
Ibu rumah tangga RT 01 RW 04 kelurahan Kebonwaru saat ini memiliki produk kerajinan tangan yang dipasarkan dengan cara mengikuti pameran kerajinan yangan yang diadakan oleh pemerintah setempat ataupun dengan menawarkan langsung pada rekan dan keluarga. Maka jangkauan pasar produk tersebut menjadi terbatas, sehingga hasil penjualan pun rendah. Oleh karena itu dianggap perlu untuk memberikan pengetahuan tentang pemanfaatan digital marketing untuk memasarkan atau mempromosikan produk yang dihasilkan, karena dengan digital marketing akan lebih mudah dan mudah dalam memasarkan produk. Harapannya ibu rumah tangga RT 01 akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing untuk memperluar jangkauan pasar produknya serta menambah hasil penjualan. Terutama memanfaatkan media jejaring sosial yang telah biasa mereka gunakan, ataupun beberapa aplikasi toko online. Maka untuk menyampaikan pengetahuan tersebut akan dilaksanankan penyuluhan tentang pemanfaatan digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar dan menambah hasil penjualan produk kerajinan tangan makrame.
Article Details
Issue
Section
References
[2] G. Herman W, A. Sariningsih, S. Bina Mandiri, “Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, Vol. 1, No.1, 2021.
[3] F. Nidaul Khasanah, S. Samsiana, R. Trias Handayanto, A. Setyowati Srie Gunarti, dan I. Raharja, “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce sebagai Media Pemasaran dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19”, Vol. 1, No.1, 2020.
[4] M Nurpratama & S Anwar, 2020, Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu, Jurnal Investasi, Vol. 6, No.2, h. 87-102.
[5] B I. Santoso, P Mulyasari Agustini, & A Kurnia, 2020, Pelatihan Digital Marketing Untuk Ibu-Ibu Rumah Tangga Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesian Journal for Social Responsibility (IJSR), Vol. 2, No. 2, h. 93-100.
[6] D Yuliana, I Noervadila, T Astindari, Sahwari, & A Ayani Suparto, 2021, Pelatihan Pemanfatan Internet Sebagai Media Promosi Dalam kegiatan Online Shop (Olshop) Siswa-Siswi MA Sarji AR-Rasyid, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 1, h. 11-20
[7] K Sadiyah, L Dwi Septiningrum, J Muhammad Hasan, D Rani Gustiasari, & I Darsita, 2020, Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) Majelis Taklim Al Auladiyah, Dedikasi PKM UNPAM, Vol. 1, No.3, h.1-8.
[8] A.D. Riyanto, & M. F. Noeris, Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Online untuk Pelaku UMKM di Cilacap, J-ABSIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2, No. 2, 2018.
[9] S. Nurhayati, H. Irmayanti, R. Lubis, Optimalisasi Facebook dalam Promosi Produk Macrame Handycraft Bagi Ibu Rumah Tangga RT 01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung, PETIK: Jurnal Pengabdian Teknik san Ilmu Komputer, Vol. 2, No, 1, 2022
[10] V.H,. Pranatawijaya, W. Widiatry, R. riskila, & P.B.A.A. Putra, “Penerapan Skala Likert dab Skala Dikotomi pada Kiesioner Online”, Jurnal Sains dan Informatika, Vo. 5, No. 2, 2019.