Pemasaran Produk Macrame Handycraft Pada Media Instagram Sebagai Sarana Online Marketing

Main Article Content

Hani Irmayanti
Sri Nurhayati
Riani Lubis

Abstract

Permasalahan yang ada pada mitra adalah mitra belum mengetahui bagaimana pemanfaatan teknologi untuk promosi dan penjualan hasil kerajinan makrame.  Mitra juga kesulitan dalam membuat branding produk, sehingga masih kesulitan dalam memperkenalkan produk kerajinan tangan yang mereka buat ke masyarakat luas. Tujuan dilaksanakan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat ini adalah  Memperkenalkan penggunaan teknologi sebagai media untuk melakukan promosi dan penjualan produk serta memberikan informasi bagaimana cara membangun kekuatan branding produk dengan media sosial Instagram. Media social Instagram akan digunakan dalam proses promosi ini, karena sekarang media ini penggunanya cukup banyak dari semua kalangan, tidak hanya digunakan untuk kepentingan probadi, akan tetapi digunakan juga untuk bisnis. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah pembekalan materi untuk menjelaskan apa itu media sosial Instagram, bagaimana cara menggunakan media sosial tersebut, selain itu juga dilakukan pelatihan terhadap Ibu-Ibu di RT.01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung dalam melakukan pembuatan akun Instagram. Kemudian  pelatihan dalam penggunaan Instagram untuk kegiatan promosi dan penjualan. Selain itu juga pelatihan dalam branding produk yang akan di promosikan dalam Instagram.Setelah dilaksanakannya kegiatan Pengabdian dan pemberdayaan pada masyarakat ini, Ibu-Ibu di RT.01 lebih peham penggunaan media sosial Instagram dan juga lebih memahami lagi bagaimana cara memasarkan produk mereka di media sosial Instagram.

Article Details

Section

Articles

References

[1] P. Simanjutak and K. Handoko, “MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat History Artikel,” 2019.
[2] N. Meilinda, “SOCIAL MEDIA ON CAMPUS: Studi Peran Media Sosial sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik pada Mahasiswa di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI,” 2018. [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jsm/index
[3] F. Nidaul Khasanah, S. Samsiana, R. Trias Handayanto, A. Setyowati Srie Gunarti, and I. Raharja, “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce sebagai Media Pemasaran dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19,” 2020. [Online]. Available: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSTPM
[4] S. Nurhayati, H. Irmayanti, and R. Lubis, “Optimalisasi Penggunaan Facebook Dalam Promosi Produk Macrame Handycart Bagi Ibu Rumah Tangga Rt.01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung.” Accessed: Nov. 08, 2022. [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/petik/article/view/7557
[5] G. Herman Was, A. Sariningsih, S. Bina Mandiri, K. Bogor, and J. Barat, “Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani, vol. 1, no. 1, 2021.
[6] C. Fajri, “Pelatihan Digital Marketing ( Sosial Media ) Untuk Meningkatkan Life Skill Santri Dan Staf Marketing Di Pesantren Al Wafi Islamic Boarding School Depok.”
[7] N. Sunardi, E. A. Nurzaman, R. Lesmana, and W. Hasbiayah, “Peran Digital Marketing Dan Manajemen Keuangan dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Application of Digital Marketing and Financial Management in Efforts to Increase SME Income Impacts on Community Welfare in the Covid 19 Pandemic,” Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, vol. 1, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/JAMH
[8] D. Anggraini, H. Hasnawati, and D. Dalifa, “Pelatihan Keterampilan Makrame Bagi Ibu-Ibu Rumah Tangga Di Kelurahan Lingkar Barat Kota Bengkulu,” Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, vol. 16, no. 2, pp. 115–125, 2018, doi: 10.33369/dr.v16i2.6438.
[9] I. B. Wedanta, D. Putra, N. Vicramaditya, D. Komunikasi, S. Rupa, and D. Desain, “Instagram sebagai Media Promosi Happiness Jungle di Masa Pandemi (Instagram as a Promotion Media for Happiness Jungle during the Pandemic Period).” [Online]. Available: https://bali.bisnis.com
[10] R. Megadini and M. L. Anggapuspa, “Perancangan Feed Instagram Sebagai Media Promosi Tape Ketan Surabaya,” Jurnal Barik, vol. 3, no. 1, pp. 69–81, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
[11] F. Nidaul Khasanah, S. Samsiana, R. Trias Handayanto, A. Setyowati Srie Gunarti, and I. Raharja, “Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce sebagai Media Pemasaran dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri pada Masa Pandemi Covid 19,” 2020. [Online]. Available: http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JSTPM