Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk dapat memaksimalkan promosi produk yang dihasilkan oleh ibu rumah tangga menggunakan media social dalam hal ini adalah facebook. Di era digital sekarang ini banyak sekali kegiatan promosi yang beralih menggunakan internet, salah satunya adalah promosi beralih menggunakan media sosial. Promosi menggunakan platform media sosial ini selain banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis, baik yang personal maupun perusahaan, lembaga-lembaga atau instansi-instansi juga banyak yang menggunakan sebagai media promosinya. Ibu rumah tangga tangga RT.01 kelurahan Kebonwaru Kota Bandung saat ini mempunyai kegiatan yang dapat menambah penghasilannya yaitu membuat kerajianan tangan berupa tas, dompet, dan lainnya. Pemasaran produk yang dihasilkan oleh ibu – ibu tersebut masih konvensional salath satunya dipromosikan pada pameran – pameran yang ada atau dititipkan pada took cinderamata untuk dijual. Dalam rangka mengembangkan dan mempromosikan produk yang dihasilkan ini perlunya memperluas pemasaran menggunakan teknologi informasi, salah satu media promosi yang ekonomis namun tetap efisien adalah dengan media sosial Facebook. Metode pelaksanaan untuk kegiatan ini adalah berupa pelatihan dengan menggunakan alat bantu laptop, smartphone, dan infokus. Penyampain materi dilakukan dengan ceramah, praktek langsung, tanya jawab dan diskusi. Materi pelatihan yaitu penggunaan media social facebook untuk menunjanng promosi produk.  Hasil dari pelaksanaan kegiatan adalah dengan adanya kegiatan ini sudah memberikan pengetahuan dan kemampuan ibu rumah tangga di Rt.01 Kelurahan Kebonwaru Kota Bandung dalam memanfaatkan media social facebook sebagai media promusi untuk produk yang dihasilkan. Selain itu peserta pelatihan memberikan respon bahwa pelatihan yang dilaksanakan sudah baik sebesar 56%. Tidak ada respon kurang baik atau sangat kurang baik dari peserta terhadap kegiatan pelatihan yang sudah diberikan