Abstract

Parc C Coffee & Eatery merupakan sebuah usaha yang tergolong besar, perusahaan yang di dalamnya terdiri dari usaha caffe, co-working space, dan studio berlokasi di Jl. Kidang Pananjung No. 5C Dago Kota Bandung buka setiap hari dari jam 10.00 WIB hingga 22.00 WIB. Parc-C terinspirasi oleh getaran hangat Prancis dari "parc café" yang menjadi ide utama membangun café terbaik dan paling nyaman di Bandung.


Pada pengabdian  ini digunakan metodologi penelitian berupa metode deskriptif. Sedangkan untuk metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Kemudian menganalisa dan menjelaskan data yang dikumpulkan sesuai dengan tujuan pengabdian untuk pembangunan sistem yang digunakan metode waterfall, dan untuk pemodelan sistem menggunakan metode perancangan orientasi objek dengan alat bantu perancangan yaitu flowmap, dan use case, dan kamus data. Dalam pengabdian ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework Codeigniter untuk membuat program dan menggunakan MySQL sebagai database.


Tujuan dari pengabdian ini diharapkan dapat mempermudah dalam mengelola administrasi keuangan perusahaan menjadi lebih cepat, tepat dan akurat. Setelah sesuai dengan metode penelitian yang diinginkan, sistem informasi ini memiliki tindak lanjut pengujian sistem dimana pengujian ini menggunakan metode black box.