Pelatihan Teknis Pemanfaatan Generative AI Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Guru Untuk Mendorong Jiwa Entrepreneur Siswa di SDIT Insan Cermat
Main Article Content
Abstract
SDIT Insan Cermat merupakan sekolah dasar di Kota Bandung yang memiliki program pembelajaran kewirausahaan bagi siswanya. Namun, pelaksanaannya masih bergantung pada metode buku teks dan belum memanfaatkan teknologi secara optimal. Rendahnya pemahaman guru terhadap teknologi, khususnya Generative AI, menjadi kendala dalam penyusunan materi ajar yang menarik dan kontekstual. Menanggapi permasalahan tersebut, tim pengabdian menyelenggarakan pelatihan teknis pemanfaatan Generative AI bagi guru, menggunakan pendekatan Experiential Learning yang melibatkan penyampaian materi, praktik langsung, dan pendampingan. Pelatihan berfokus pada pemanfaatan email sementara serta integrasi aplikasi pihak ketiga berbasis AI dalam konteks pembelajaran kewirausahaan.Berdasarkan hasil Evaluasi dilakukan melalui pre-test dan post-test kepada peserta pelatihan. Hasil pre-test menunjukkan bahwa 100% peserta belum mengenal Generative AI dan 54,05% tidak pernah menggunakan teknologi dalam pembelajaran. Setelah pelatihan, sebanyak 86,48% peserta menyatakan akan menggunakan Generative AI secara rutin dan 89,19% merasa cukup hingga sangat percaya diri dalam mengembangkan materi ajar berbasis AI. Kegiatan ini terbukti memberikan dampak positif dalam meningkatkan literasi digital guru serta mendukung pengembangan pembelajaran yang kreatif dan relevan dengan semangat kewirausahaan siswa.
Article Details
Section
References
[1]M. Smith, "How Internet Shapes Modern Life: Communication, Work, and Education," Global Technology Journal, 2021.
[2] M. W. Rahman, M. A. M. Yusoff, and K. A. Ghani, “Entrepreneurship Education and the Role of Universities in Entrepreneurship Development,” International Journal of Business and Technopreneurship, vol. 5, no. 2, pp. 239–248, 2015.
[3] A. Y. Samsudin and R. A. L. Wibowo, “Pendidikan Kewirausahaan Untuk Anak Usia Dini di Era Digital,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1911–1918, 2022.
[4] M. R. Syamsudin, “Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan Sejak Usia Dini Dalam Membangun Jiwa Mandiri Anak,” Jurnal Pendidikan Ekonomi, vol. 12, no. 1, pp. 32–40, 2021
[5] M. Rahman and L. Suryani, “Pembelajaran Berbasis AI (Artificial Intelligence) untuk Anak Usia Dini,” Jurnal Teknologi dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 103–112, 2023.
[6] M. V. Alamán, A. García-Holgado, and F. J. García-Peñalvo, “Artificial Intelligence in Early Childhood Education: A Systematic Review,” Education Sciences, vol. 11, no. 12, pp. 1–18, Dec. 2021
[7] O. Alqahtani, A. Alshammari, and F. Almulhim, “Applications of Artificial Intelligence in Education: A Review,” International Journal of Advanced Computer Science and Applications (IJACSA), vol. 13, no. 6, pp. 1–6, 2022.
[8] T. Holmes, B. Bialik, and J. Fadel, Artificial Intelligence in Education: Promises and Implications for Teaching and Learning, Boston, MA: Center for Curriculum Redesign, 2019.
[9] Ibrahim, Burhanuddin, M. Saleh, M. Sobry, A. Syafruddin, and Salahuddin, “Implementasi Pemberdayaan Melalui Budidaya Ikan Nila Melalui Ekstensif Plus Masa Pandemi Covid-19 di Pagesangan Kota Mataram,” Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022.
[10] N. Rahmawati, D. Sari, and B. Prasetyo, “Workshop Analisis dan Interpretasi Hasil Uji Statistik Menggunakan SPSS,” Mayara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 45–52, 2022.
[11] D. Natalia, A. Johari, M. Naswir, and Muswita, “Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Study Bagi Guru-Guru di Madrasah Aliyah Al-Kausar Dendang,” Mayara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 75–80, 2024.
[12] N. A. Fitria, M. Y. Julyanur, and E. Widyanti, “Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran,” PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 285–294, 2024.[13] A. Fauzan and T. Pinandita, “Pelatihan Aplikasi Kahoot dalam Pembuatan Soal Terdiferensiasi yang Berpihak pada Peserta Didik di SD Negeri 1 Kedungwuluh Lor, Patikraja, Kabupaten Banyumas,” JPTS: Jurnal Pengabdian Teknik dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 47–51, 2025, doi: 10.30595/jpts.v5i1.25525.
[14] C. N. Miristianti, I. Sofiatin, and M. Iqbal, “Pengaruh Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran di Dunia Pendidikan Sekolah Dasar,” Insan Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, vol. 1, no. 1, pp. 34–40, Jan. 2024, doi: 10.56480/insancendekia.v1i1.996.
[15] I. Malay and others, “Dampak Penerapan Teknologi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran,” Edu Society, vol. 5, no. 1, pp. 14–29, 2025.