Pelatihan Teknis Pemanfaatan Email Sementara dalam Mempercepat Ekplorisasi Third Party Apps Learning untuk Guru-Guru SDIT Insan Cermat

Main Article Content

Angga Setiyadi
Eko Budi Setiawan
Muhammad Iqbal

Abstract

Penggunaan aplikasi pihak ketiga dalam pembelajaran digital semakin meluas seiring dengan meningkatnya penetrasi internet di Indonesia. Namun, di balik kemudahan tersebut, terdapat risiko privasi dan keamanan data yang belum sepenuhnya dipahami oleh pendidik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keamanan digital guru melalui pelatihan penggunaan email sementara (temporary mail) sebagai solusi perlindungan data pribadi saat mengakses platform pembelajaran.


Hasil kuesioner awal menunjukkan bahwa 81,08% peserta tidak mengetahui risiko privasi terkait penggunaan email pribadi, 100% belum pernah menggunakan email sementara, dan 100% tidak nyaman menjelaskan isu tersebut kepada siswa. Setelah pelatihan, sebanyak 64,87% berencana menggunakan email sementara, 75,67% merasa percaya diri menjelaskannya kepada siswa, dan 51,35% menyatakan memahami risiko privasi secara baik. Selain itu, 97,3% merasa pelatihan ini membantu meningkatkan keamanan dan efisiensi penggunaan aplikasi, serta 83,78% bersedia merekomendasikan penggunaannya kepada rekan sejawat.


Temuan ini menunjukkan bahwa pelatihan memberikan dampak positif dan signifikan dalam meningkatkan kesadaran, pemahaman, dan sikap peserta terhadap praktik keamanan digital dalam pembelajaran

Article Details

Section

Articles

References

[1] NortonLifeLock, “What are third-party apps?,” 2023. [Online]. Available: https://us.norton.com/blog/mobile/third-party-apps

[2] A. Fauzan and T. Pinandita, “Pelatihan Aplikasi Kahoot dalam Pembuatan Soal Terdiferensiasi yang Berpihak pada Peserta Didik di SD Negeri 1 Kedungwuluh Lor, Patikraja, Kabupaten Banyumas,” JPTS: Jurnal Pengabdian Teknik dan Sains, vol. 5, no. 1, pp. 47–51, 2025, doi: 10.30595/jpts.v5i1.25525.

[3] A. Fauzi and N. Hidayah, “Pemanfaatan Aplikasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Agama Islam di Era Digital,” Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 9, no. 1, pp. 45–52, 2023, [Online]. Available: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/download/42809/26861

[4] Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), “APJII: Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” Feb. 2024. [Online]. Available: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

[5] R. Wijaya, “Hubungan Internet Addiction dengan Kecemasan Sosial pada Siswa SMK Negeri 1 Toraja Utara,” Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 1–8, 2024, [Online]. Available: https://journal.stikestanatoraja.ac.id/jikp/article/view/249

[6] S. Sudianto and R. I. S. Wibowo, “Pelatihan Canva Sebagai Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika,” SANISKALA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 20–24, 2024, doi: 10.31949/jsk.v2i1.11347.

[7] N. Kintan, Y. Alam, M. Martini, H. Hendriansyah, and N. Novianti, “Pelatihan ChatGPT dalam Meningkatkan Kompetensi Manajemen Inovasi Pembelajaran Digital Berbasis Artificial Intelligence (AI),” Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 248–253, 2025, doi: 10.30762/welfare.v3i2.2204.

[8] R. M. Ahmad, “Efektivitas Pelatihan Integrasi Canva dan Chat GPT sebagai Media Pembelajaran bagi Pendidik di Kota Kupang,” Journal of Education Research, vol. 5, no. 2, pp. 1081–1088, 2024, doi: 10.37985/jer.v5i2.953.

[9] idcloud, “Manfaat Memakai Email Sementara untuk Keamanan Digital,” 2024, Indonesian Cloud. [Online]. Available: https://indonesiancloud.com/manfaat-memakai-email-sementara-untuk-keamanan-digital/

[10] L. Rahmawati, S. Suharni, N. Ambulani, W. D. Febrian, R. Widyatiningtyas, and R. S. Rita, “Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi,” Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 129–136, 2024, doi: 10.31004/cdj.v5i1.24151.

[11] M. M. Alamin, A. S. Editya, N. Kurniati, A. L. Pramana, and A. Lisdiyanto, “Peningkatan Kualitas SDM melalui Pelatihan Cyber Security pada Anggota Polisi Daerah Jawa Timur,” PARTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, pp. 152–154, 2023.

[12] Ibrahim, Burhanuddin, M. Saleh, M. Sobry, A. Syafruddin, and Salahuddin, “Implementasi Pemberdayaan Melalui Budidaya Ikan Nila Melalui Ekstensif Plus Masa Pandemi Covid-19 di Pagesangan Kota Mataram,” Jurnal Pengabdian pada Masyarakat Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.ugp.ac.id/index.php/jppmi/article/view/180

[13] N. Rahmawati, D. Sari, and B. Prasetyo, “Workshop Analisis dan Interpretasi Hasil Uji Statistik Menggunakan SPSS,” Mayara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 1, pp. 45–52, 2022, [Online]. Available: https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/mayara/article/view/209

[14] D. Natalia, A. Johari, M. Naswir, and Muswita, “Pendampingan Pembuatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Case Study Bagi Guru-Guru di Madrasah Aliyah Al-Kausar Dendang,” Mayara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, pp. 75–80, 2024, doi: 10.22437/jupema.v3i2.32235.

[15] N. A. Fitria, M. Y. Julyanur, and E. Widyanti, “Langkah-langkah Evaluasi Pembelajaran,” PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, vol. 4, no. 3, pp. 285–294, 2024, doi: 10.56910/pustaka.v4i3.1572.