PENDAMPINGAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN INSTAGRAM APPS SEBAGAI MEDIA PROMOSI BAGI UMKM TUKANG LAS DI DESA TUWANG, KABUPATEN DEMAK
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari progam pendampingan ini adalah mendorong proses digitalisasi dan pemasaran produk pengelasan bagi pelaku usaha tukang las di Desa Tuwang melalui pemanfaatan Instagram Apps, dengan harapan mampu memperluas jangkauan pasar serta dapat meningkatkan pendapatan bagi mereka. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah analisis situasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Peserta dalam kegiatan ini merupakan para pelaku usaha tukang las di Desa Tuwang, Kabupaten Demak. Pelaksanaan kegiatan pendampingan ini yaitu dengan memberikan pelatihan kepada pelaku usaha tukang las di Desa Tuwang, terkait pentingnya pemasaran digital, manfaat penggunaan Instagram Apps sebagai sarana promosi, langkah-langkah pembuatan akun Instagram, serta cara mengubah akun Instagram pribadi menjadi akun Instagram Business. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pendampingan ini adalah pelaku usaha tukang las di Desa Tuwang lebih memahami terkait pemasaran digital menggunakan Instagram Apps dan dapat mengaplikasikan serta memanfaatkannya dalam aktivitas sehari-hari mereka
Article Details
Section
References
Diniati, A., Sutarjo, M. A. S., & Primasari, I. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 553–561. https://doi.org/10.59395/altifani.v3i4.458
[2] Hairah, U., Hatta, H. R., Mardais, M., Diyana, W. N. R., Irvansyah, M., Sadanu, A. I., & Mujiono, M. N. A. (2022). Pelatihan Penggunaan Instagram Sebagai Media Promosi Bagi Warga Dusun Rejosari, Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).
[3] Jamiat, N. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Pada UMKM Sukapura Dayeuhkolot Kabupaten Bandung. Jurnal Administrasi, 6.
[4] Juliana, Djakasaputra, A., Pramezwary, A., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Strategy in Digital Era. NEM.
[5] Mustika, I. W. W., & Maulidah, S. B. J. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah.
[6] Octavia, C. S., & Putri Ekaresty Haes, T. I. F. H. E. M. L. H. (2024). Jurnal Minfo PolganVolume 13, Implementasi Teknologi Informasi pada UMKM: Tantangan dan Peluang. Jurnal Minfo Polgan, 13.
[7] Putri, A., Hetami, A., Fourqoniah, Andriana, Andriyani, Salsabila, Muniro, T., Riandani, Muliyani, Yasshyka, Listiana, & Indah. (2022). Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 3(2), 828–839.
[8] Rachmadi, T., & Kom, S. (2020). The Power Of Digital Marketing (Vol. 1). Tiga Ebook.
[9] Ramadan, A., & Fatchiya, A. (2021). Efektivitas Instagram sebagai Media Promosi Produk "Rendang Uninam". Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 5(1), 64-84.
[10] Rini, E. S., & Arini, N. W. S. (2019). Pemanfaatan teknologi informasi sebagai media promosi produk hasil kerajinan Dynler (Dainy Leather). WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 2(1), 118-123.
[11] Sriyana, J. (2010). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Studi Kasus di Kabupaten Bantul. Simposium Nasional 2010.
[12] Wahyuanto, E., Aulia Taufiqi, M., Azizah, N., & Siti Maryam, N. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Meningkatkan Administrasi Desa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(3), 359–363. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i3.397
[13] Yulistiawan, B. S., & Bayu Hananto, C. N. P. dan L. H. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Upaya Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM . Jurnal Abnas Negeri, 5, 141–149.
[14] Yuniar, M. D. (2020). Aplikasi instagram sebagai Sarana promosi Bisnis Online: Sebuah Studipadaakun Warungmamak. Jurnal Ekonomi, Sosial Dan Humaniora, 2.
[15] Zain, P. F., & Gendut Sukarno, O. W. (2024). Pendampingan Pembuatan Akun Instagram Bisnis Sebagai Media Pemasaran Produk UMKM Kelurahan Penjaringan Sari. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5.