Penggunaan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn Tingkat SMP Kota Cimahi dalam Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Animasi
Main Article Content
Abstract
Guru-guru yang tergabung dalam MGMP PPKn SMP Kota Cimahi mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan dalam praktik langsung serta dominasi pelatihan daring sebelumnya yang kurang efektif dalam membimbing guru mengaplikasikan hasil pelatihan secara mandiri. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi kendala tersebut dengan memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran interaktif berbentuk video animasi menggunakan aplikasi Canva. Pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, demonstrasi, praktik langsung, tanya jawab, dan diskusi. Setelah pelatihan, dilakukan evaluasi menggunakan kuisioner terhadap 57 peserta. Hasil menunjukkan bahwa 97,54% peserta menyatakan topik pelatihan sesuai kebutuhan, 98,25% menilai waktu pelaksanaan tepat, dan lebih dari 90% menyatakan narasumber menyampaikan materi dengan jelas dan interaktif. Selain itu, hasil praktik menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam membuat video pembelajaran secara mandiri menggunakan Canva. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti efektif dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi mitra, yakni rendahnya penguasaan guru terhadap teknologi pembuatan media pembelajaran. Data kuantitatif dan kualitatif menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru pasca kegiatan pengabdian.
Article Details
Section
References
A. Nurrahmah, F. Mulyatna, and A. Karim, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru dan Dosen,” E-DIMAS Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 12, no. 3, pp. 407–412, Sep. 2021, [Online]. Available: http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
[2] M. Ulfa, Fatoni, A. Syazili, D. Irawan, and C. Triana, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva Bagi Guru SD Negeri 11 Pemulutan,” JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT BANGSA, vol. 1, no. 11, pp. 2874–2880, 2024.
[3] Junaidah and L. Qadrianti, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Digital (Android),” PENDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, no. 2, p. 2326, Dec. 2023, Accessed: Oct. 12, 2024. [Online]. Available: https://journal.uiad.ac.id/index.php/pendimas/article/view/1807/1068
[4] Wantoro, “PROGRAM PENGENALAN DAN PELATIHAN TIPOGRAFI DASAR BAGI GURU DAN SISWA TINGKAT SLTA DI BAWAH NAUNGAN MGMP (MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN) BAHASA JEPANG PROVINSI JAWA BARAT,” Indonesian Community Service and Empowerment Journal (IComSE), vol. 5, pp. 471–477, 2024.
[5] M. Triantoro and U. Erawanto, “Meningkatkan Kompetensi Guru Berbasis Komunitas bagi MGMP SMP Kota Blitar,” Prima Abdika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 4, pp. 440–446, Dec. 2022, doi: 10.37478/abdika.v2i4.2237.
[6] I. Wattimury, S. Sairiltiata, P. Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and P. Studi Diluar Kampus Utama, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Edukatif di Sekolah Dasar Inpres Werwaru Educational Learning Media Making Training at Inpres Werwaru Elementary School Article History,” Jurnal Pengabdian Multidisiplin, vol. 2, no. 4, pp. 58–68, 2024, doi: 10.62383/fundamentum.v2i3.425.
[7] N. T. Sirajuddin and A. A. Wahditiya, “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Canva Bagi Guru SMP 4 Bantimurung Kabupaten Maros,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 4, no. 2, pp. 44–54, Mar. 2024, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v4i2.699.
[8] M. Taufiq, M. Nuswowati, A. Widiyatmoko, and N. L. Tirtasari, “Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Praktikum IPA Berbantuan Smartphone Menggunakan App Phyphox bagi Kelompok MGMP IPA Kabupaten Batang,” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2023, doi: 10.46843/jmp.v2i1.274.
[9] A. Al Fiani and M. Hanif, “Penguatan Pembelajaran Daring Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Article Info,” 2022. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmserang
[10] A. Maulida Fitrianingrum et al., “Pelatihan Keterampilan Digitalisasi Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMA Kata Kunci: Article History,” 2024, doi: 10.31960/caradde.v7i1.2555.
[11] S. Touwe, A. Ufie, J. Pattiasina, and W. Ima, “Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaraan Berbasis Multi Media pada Guru-Guru Sejarah SMA Negeri 4 Ambon,” 2025.
[12] R. A. Sirodj, B. Hirza, Y. Hastiana, E. Mukharomah, and R. Petrossky, “Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran menggunakan Aplikasi Canva Guru Sekolah Dasar di Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin,” Jurnal Pengabdian Multidisiplin, vol. 1, no. 2, pp. 72–80, Sep. 2021, doi: 10.51214/japamul.v1i2.136.
[13] G. Pelangi, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA,” Jurnal Sasindo Unpam, vol. 8, no. 2, pp. 5–24, 2020.
[14] S. Azma’ul Hadi and A. Jauhari, “PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS CANVA DAN WORDWALL,” vol. 10, no. 2, pp. 131–137, 2025.
[15] P. Ariatna Alia, J. Suryo Prayogo, R. Kriswibowo, A. budi setyawan, R. Widha Febriana, and U. Anwar Medika, “PENGEMBANGAN KETERAMPILAN DESAIN INTERAKTIF DAN SERBAGUNA DALAM ERA SOCIETY 5.0 DENGAN MENGGUNAKAN CANVA,” 2024.