Membentuk Generasi Milenial menjadi Wirausaha Muda melalui Pemanfaatan Peluang Bisnis di Era Digital
Main Article Content
Abstract
Banyaknya kasus penyalahgunaan teknologi di kalangan anak-anak dan para remaja tersebut, perlu adanya peran dari masyarakat sebagai upaya untuk menanggulangi pengaruh negatif penggunaan teknologi pada anak-anak dan para remaja. Pentingnya memberikan pemahaman kepada anak-anak dan para remaja tersebut terkait penggunaan teknologi secara baik dan benar. Menghadapi perkembangan teknologi saat ini, diharapkan generasi milenial dapat menyikapi berbagai peluang yang ada, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain. Generasi milenial bisa memperoleh banyak keuntungan dari perkembangan teknologi untuk menjalankan bisnis. Mereka bisa menuangkan ide, bakat, dan kreativitasnya untuk berkarya meskipun hanya dengan menggunakan gadget. Berikut ini merupakan beberapa tren bisnis berbasis teknologi yang dapat digeluti oleh generasi milenial, misalnya sebagai vlogger dengan mengunggah berbagai konten video yang menarik, sebagai youtuber dengan mengelola akun YouTube dan membuat konten yang unik dan menarik, mendirikan start-up, membangun e-shopping atau toko online, membangun bisnis dropship, menjadi blogger dengan membuat suatu blog yang mempunyai konten menarik yang mampu mendatangkan pengunjung dan pembeli, menjadi influencer di Instagram, berbisnis GoPay, melakukan bisnis pengisian saldo mata uang digital, bisnis crypto currency, trading saham online, jual beli voucher gift card, dan lain sebagainya. Universitas nasional karangturi sesuai dengan visi dan misinya, mengedepankan karakter wirausaha memberikan solusi tantangan dan perkembangan zaman menggunakan nilai tambah teknologi informasi dan komunikasi, melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Program Studi Sistem Informasi memberikan edukasi dan penyuluhan kepada generasi milenial khususnya para siswa dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) St. Fransiskus Semarang. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi milenial dapat secara maksimal memanfaatkan perkembangan teknologi dengan membaca peluang bisnis yang ada, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru baik untuk dirinya maupun untuk masyarakat.
Article Details
Issue
Section
References
Kominfo, “Pengguna Internet Meningkat, Kominfo Galang Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Layanan,” 31 Januari 2024, 2024. https://www.kominfo.go.id (accessed Apr. 30, 2024).
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” 7 Februari 2024, 2024. https://apjii.or.id (accessed Apr. 30, 2024).
C. M. Annur, “Penetrasi Internet Generasi Milenial Tertinggi Dibanding Kelompok Usia Lainnya di Indonesia,” 5 Februari 2024, 2024. https://databoks.katadata.co.id (accessed Apr. 30, 2024).
A. Ahmad and Nurhidaya, “Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial,” Avant Garde J. Ilmu Komun., vol. 8, no. 2, pp. 134–148, 2020.
PT Sinergi Informatika Semen Indonesia, “Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Gaya Hidup Masyarakat,” 7 Januari 2022, 2022. https://sisi.id/stories (accessed Jun. 09, 2024).
R. Mutaqin, G. Mutaqin, and D. S. Dharmopadni, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Dinas Militer,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 3, pp. 1–6, 2024, doi: https://doi.org/10.59000/jim.v2i3.213.
M. S. Rumetna and T. N. Lina, “Forecasting Number of Covid-19 Positive Patients in Sorong City using the Moving Average and Exponential Smoothing Methods,” Int. J. Informatics Comput. Sci., vol. 5, no. 1, pp. 37–43, 2021.
M. S. Rumetna and T. N. Lina, “Dampak Teknologi Informasi bagi Generasi Milenial di GKI Efata Malanu Kota Sorong,” Abdimas Unwahas, vol. 7, no. 1, pp. 45–52, 2022.
Direktorat Operasi Keamanan Siber, Lanskap Keamanan Siber Indonesia. Jakarta: Badan Siber dan Sandi Negara, 2023.
Kominfo dan Siber Kreasi, “Etika Dunia Siber.” .
S. Narulita, Prihati, A. Priyambodo, and G. Aditya, “Digital Marketing Melalui Pemanfaatan Landing Page untuk Kelompok Usaha Kecil,” Judimas J. Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 7–13, 2023.
S. Narulita, A. T. Oktaga, and Prihati, “Pemberdayaan Masyarakat Desa Margosari melalui Eco Printing dan E-Commerce,” Petik J. Pengabdi. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 37–44, 2023, doi: https://doi.org/10.34010/petik.v3i2.11219.
Musnaini, A. Junita, H. Wijoyo, and I. Indrawan, Digital Business. Pekanbaru: CV Pena Persada, 2020.
O. N. Kristanti, L. P. Sari, A. A. Saputra, B. P. Febrianto, and M. S. A. Pradana, “Pemanfaatan e-Commerce pada UMKM Batik Cemangklek Desa Margosari Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal,” Petik J. Pengabdi. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 54–60, 2023, doi: https://doi.org/10.34010/petik.v3i2.11329.
A. Sudirman et al., Technopreneurship (Inovasi dan Kreativitas Digitalisasi Bisnis). Bandung: CV Media Sains Indonesia, 2023.