Abstract

Demi memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang, perpustakaan di seluruh dunia telah menggunakan sistem manajemen perpustakaan sebagai alat penting dalam menyederhanakan operasional dan meningkatkan pengalaman pengguna perpustakaan. Pengabdian ini menyajikan studi kasus keberhasilan implementasi aplikasi SLiMS Senayan untuk meningkatkan layanan perpustakaan di SMP Negeri 2 Purwosari. Studi ini mengeksplorasi bagaimana SMP Negeri 2 Purwosari memanfaatkan aplikasi SLiMS Senayan untuk memperbarui layanannya, dengan fokus pada bidang-bidang utama Manajemen Katalog dan Layanan Sirkulasi. Studi kasus ini menyoroti dampak transformatif penerapan SLiMS Senayan di SMP Negeri 2 Purwosari. Dengan menerapkan sistem manajemen perpustakaan yang kuat ini, perpustakaan tidak hanya memodernisasi layanannya tetapi juga memposisikan dirinya sebagai institusi yang dinamis dan berpusat pada pengguna. Program yang telah dilakukan dalam meningkatkan layanan administrasi perpustakaan yaitu dengan menggunakan aplikasi SLiMS yang dimodifikasi. Program pengabdian ini berisi beberapa kegiatan seperti: koordinasi bersama tim dan mitra, kegiatan pelatihan, kegiatan modifikasi aplikasi SLiMS, pendampingan pengguna dan aplikasi SLiMS, dan terakhir dilakukan evaluasi terhadap program yang telah dilaksanakan. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat pemahaman yang baik sesudah pelatihan SLiMS. Petugas perpustakaan dapat menjalankan aplikasi SLiMS dengan mandiri setelah kegiatan pengabdian ini selesai.