Abstract

Pemantauan kondisi cuaca menjadi hal yang penting ketika kita diperhadapkan pada masalah yang mengharuskan kita mengetahui cuaca untuk keperluan tertentu, misalnya pada penerbangan, pelayaran, pertanian dan sebagainya. Pada tulisan ini dikemukakan hasil penelitian yang dilakukan dalam rangka desain sistem pemantau cuaca menggunakan media nirkabel dari titik pantauan cuaca ke tempat pemantauan.

Peralatan pemantau cuaca ini menspesikasikan pada desain dan implementasi pengukuran sejumlah parameter yaitu: temperatur udara terbuka, arah dan kecepatan angin. Titik fokus penelitian ini adalah bagaimana mendesain sensor/transduser arah angin dan kecepatan angin, dan bagaimana hasil pengindraan parameter-parameter kondisi cuaca yang disebutkan di atas dapat ditransmisikan ke tempat pemantauan yang jauh (remote) melalui media transmisi nirkabel. Implementasi dilakukan dengan memanfaatkan kemampuan Mikrokontroler AT89S51 dalam pemrosesan data, serta modem TX FST-3 sebagai pengirim dan RX CZS-3 sebagai penerima yang untuk selanjutnya dikirimkan ke Komputer Personal sebagai titik perekaman database kondisi cuaca.

Hasil pengujian sensor/transduser yang terpasang menunjukan sistem ini dapat bekerja sesuai harapan yang diinginkan yaitu dapatmembaca dan mengolah data temperatur udara, kecepatan angin dan arah angin yang selanjutnya dikirimkan ke komputer personal menggunakan modemTX FST-3 sebagai pengirim dan RX CZS-3 sebagai penerima.Data yang diterima pada komputer dapat disimpan/direkam secara otomatis dengan perangkat lunak hasil desainmenggunakan Visual Basic.