PENERAPAN DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KRITERIA NASABAH KREDIT

Angga Ginanjar Mabrur

Sari


Salah satu tugas dari bidang marketing perbankan adalah melakukan analisis data nasabahnya untuk mengetahui nasabah-nasabah yang berpotensi melakukan kredit. Pada umumnya, metode yang digunakan untuk menganalisis data nasabah adalah dengan cara mengklasifikasikan semua nasabah yang telah melunasi angsuran kreditnya ke dalam target pemasaran, sehingga metode ini menyebabkan tingginya biaya operasional marketing. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan merancang sebuah aplikasi data mining yang berfungsi untuk memprediksi kriteria nasabah kredit yang berpotensi melakukan peminjaman (kredit) terhadap bank. Bagian Dana Bank XY yang berlokasi di Kabupaten Bandung merupakan tempat yang dipilih oleh peneliti sebagai studi kasus, dengan asumsi Bagian Dana Bank XY tersebut telah mengalami permasalahan yang sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.