MEMBANGUN DATA MART DI PT. XYZ (Studi Kasus Sentra Bisnis Kartu PT. XYZ Bandung)

Agus Rudiansyah

Sari


XYZ Card Center yaitu Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu kredit yang memiliki tugas memberikan pelayanan yang terbaik untuk para nasabah atau Cardholder. Selama ini di XYZ menggunakan program yang berbasis DOS untuk melakukan transaksi baik pengajuan dan pembayaran kartu kredit beserta prosesnya. Program yang digunakan tersebut hanya dapat menampilkan beberapa laporan. Untuk melakukan sebuah analisis, pihak bank harus mengambil data dari laporan Microsoft Excel. Oleh karena itu PT. XYZ membutuhkan suatu sistem data mart untuk membantu pihak manajemen dalam menganalisis terhadap kenaikan dan penurunan jumlah nasabah yang mengajukan aplikasi kartu kredit. Data mart adalah bagian pada data mart yang mendukung pembuatan laporan dan analisis data pada suatu unit, bagian atau operasi pada suatu perusahaan dalam menganalisis data yang ada untuk mendukung pengambilan keputusan yang bersifat strategis secara cepat dan tepat. Pembangunan data mart ini menggunakan pemodelan data skema Star dan perancangan OLAP (On-Line Analytical Processing), untuk pengolahan dan analisis datanya dengan menggunakan teknik Pivoting.

Teks Lengkap:

PDF (English)

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.