http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20812/4/Chapter%20II.pdf ONLINE [Akses pa-da 28 Maret 2017 8.26pm]
Sinulingga, Sukaria Perencanaan dan Pen-gendalian Produksi. Yogyakarta: Gra-ha Ilmu.2009.
Anisyah, dalam Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, PT. Andi Offset, 2000, p. 30.
Jogiyanto, dalam Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi, 2005, p. 12.
J. Buyens, Web Database Development, Ja-karta: Elex Media Komputindo, 2001.
N. Safaat. Android: Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informat-ika, 2015.
Blecker ,Thorsten, Friedrich, Gerhard, dkk. Information and Management Systems for Product Customization. United States of America : Springer Science. 2005.
Matjaz Mihelj; Domen Novak; Samo Beguš, Virtual Reality Technology and Applications (Vol. 68), London: Springer, 2014.
Binanto, Iwan, Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET, 2010.
Maniah. Hamidin, Dini. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SECARA PRAKTIS DENGAN CONTOH KASUS. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA. 2017.
Hamilton, Kim., Miles, Russell. Learning UML 2.0, O’Reilly, California. 2006.
Wardana, Buku Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Agarwal, B.B, Tayal, S.P and Gupta, M. , Software Engineering & Testing. U nited Kingdom : Jones and Bartlett Publishers. 2010.
Gulo, W. , Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Grasindo.2008.
Nazruddin Safaat H. Pemrograman Aplikasi Mobile Smatphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung:Informatika. 2012.
Roedavan, Rickman. Unity Tutorial Game Engine. Bandung : Informatika. 2014.
Hendratman, Hend, The Magic Of 3D Studio Max, Bandung : Informatika, 2011.
Bimo Sunarfri Hartono,ST, Php Dan SQL SERVER Untuk Web, Andi Yogyakarta, 2002.
Hakim, Lukmanul dan Uus Musalini. Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2004.
http://staruml.sourceforge.net/v1/about.php. ONLINE : akses 28 maret 2017 2.24pm
Sinulingga, Sukaria Perencanaan dan Pen-gendalian Produksi. Yogyakarta: Gra-ha Ilmu.2009.
Anisyah, dalam Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, PT. Andi Offset, 2000, p. 30.
Jogiyanto, dalam Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta, Andi, 2005, p. 12.
J. Buyens, Web Database Development, Ja-karta: Elex Media Komputindo, 2001.
N. Safaat. Android: Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informat-ika, 2015.
Blecker ,Thorsten, Friedrich, Gerhard, dkk. Information and Management Systems for Product Customization. United States of America : Springer Science. 2005.
Matjaz Mihelj; Domen Novak; Samo Beguš, Virtual Reality Technology and Applications (Vol. 68), London: Springer, 2014.
Binanto, Iwan, Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya, Yogyakarta: CV.ANDI OFFSET, 2010.
Maniah. Hamidin, Dini. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SECARA PRAKTIS DENGAN CONTOH KASUS. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA. 2017.
Hamilton, Kim., Miles, Russell. Learning UML 2.0, O’Reilly, California. 2006.
Wardana, Buku Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
Agarwal, B.B, Tayal, S.P and Gupta, M. , Software Engineering & Testing. U nited Kingdom : Jones and Bartlett Publishers. 2010.
Gulo, W. , Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Grasindo.2008.
Nazruddin Safaat H. Pemrograman Aplikasi Mobile Smatphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung:Informatika. 2012.
Roedavan, Rickman. Unity Tutorial Game Engine. Bandung : Informatika. 2014.
Hendratman, Hend, The Magic Of 3D Studio Max, Bandung : Informatika, 2011.
Bimo Sunarfri Hartono,ST, Php Dan SQL SERVER Untuk Web, Andi Yogyakarta, 2002.
Hakim, Lukmanul dan Uus Musalini. Cara Cerdas Menguasai Layout, Desain dan Aplikasi Web. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. 2004.
http://staruml.sourceforge.net/v1/about.php. ONLINE : akses 28 maret 2017 2.24pm
- Abstract viewed - 396 times
- PDF downloaded - 527 times
Copyright
© Intan Mutiara Wibowo, Hanhan Maulana, 2018
Affiliations
Intan Mutiara Wibowo
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia
Hanhan Maulana
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia
How to Cite
Wibowo, I., & Maulana, H. (2017). PEMBANGUNAN APLIKASI KUSTOMISASI VIRTUAL FURNITURE 3D DI HIKMAH MEBEL CIMAHI. Majalah Ilmiah UNIKOM, 15(2). Retrieved from https://ojs.unikom.ac.id/index.php/jurnal-unikom/article/view/556
PEMBANGUNAN APLIKASI KUSTOMISASI VIRTUAL FURNITURE 3D DI HIKMAH MEBEL CIMAHI
Vol 15 No 2 (2017)
Abstract
Hikmah Mebel merupakan sebuah usaha yang bergerak di industri Mebel. Produk baru akan dibuat jika terdapat pesanan dari pelanggan atau disebut Make-To-Order. Permasalahan terdapat pada kurangnya informasi yang didapat-kan oleh pelanggan dengan menggunakan gambar produk yang saat ini ada di Hikmah Mebel, pemilik usaha pun kesulitan dalam melakukan pemantauan pesanan pelanggan. Dengan menggunakan animasi 3 dimensi dan teknologi virtual reality, sebuah gambar yang tadinya hanya berupa gambar 2 dimensi ataupun hanya berupa informasi tulisan dapat direpresentasikan secara virtual yang hampir menyerupai dunia nyata. Aplikasi yang dibangun merupakan se-buah aplikasi 3 dimensi dan fitur kustom secara virtual pada produk furniture. Aplikasi dibangun menggunakan tools Blender untuk objek 3 dimensi dan Unity 3D untuk pembuatan aplikasinya. Aplikasi ini dibangun berbasis Android untuk pegawai dan Website untuk pemilik usaha. Berdasarkan hasil pengujian, ap-likasi dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada pada Hikmah Mebel Cimahi.