Abstract

Pengolahan terhadap pembagian kelas, nilai raport, tugas dan pelakasanaan kuis merupakan bagian dari proses akademik yang dilakukan oleh sekolah menengah kejuruan (SMK) Al Ihsan Batujajar. Dalam kegiatan proses akademik yang berjalan masih kuarang efektif dalam proses pengolahan data pembagian kelas, penilaian raport , proses pengelolaan tugas dan proses pengelolaan terhadap kuis yang akan dilaksakan. Masih banyaknya proses yang dilakukan dengan pencatatan, penyimpanan data yang hanya dilakukan dengan pembukuan, pengakumulasian ataupun penilaian yang terkadang menghasilkan nilai kurang akurat dan sering terkendalanya dalam penyampaian tugas terhadap siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada sekolah menengah kejuruan (SMK) Al Ihsan Batujajar. Sedangkan sumber penelitian dengan metode pengumpulan data primer yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan pengumpulan data sekunder yaitu studi dokumentasi. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini menggunakan teknik prototype. Adapun alat pemodelan perancangan sistem dengan menggunakan metode pendekatan terstruktur. Dengan diterapkannya sistem yang diusulkan diharapkan dapat membantu dan dapat menjadikan proses terhadap pembagian kelas, pengelolaan nilai raport, pengelolaan terhadap tugas dan pengelolaan terhdapat kuis lebih efisien dan dapat menjadi jalan keluar dari permasalahan yang terjadi di SMK tersebut.