Abstract

BEHOLDERCLOTH merupakan sebuah brand yang berbisnis dalam penjualan
Tshirt, backpack, windbreaker, jaket, kupluk, snapback, jeans, Jersey, flannel dll.
Kurang efektifnya media promosi yang digunakan menyebabkan konsumen
kesulitan untuk mengetahui keberadaan BEHOLDERCLOTH sehingga penjualan
produk yang terjadi sulit untuk mengalami peningkatan. Beholder pun belum
mempunyai fasilitas untuk melakukan transaksi penjualan barang bagi costumer
yang jauh dan berada diluar kota sehingga dalam melakukan setiap
penjualan barang yang masih dilakukan dengan cara pelanggan datang
langsung ke tempat penjualan. Selain itu, Sistem transaksi penjualan masih
menggunakan metode pencatatan serta penyimpanan data transaksi penjualan
masih bersifat manual, yaitu dengan mencatat satu persatu setiap transaksi.
Desain penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif dengan pendekatan
studi kasus pada BEHOLDERCLOTH, teknik pengumpulan data yang digunakan
meliputi sumber data primer yaitu dengan cara observasi da nwawancara, sedangkan
sumber data sekunder yaitu dengan cara melihat dokumen-dokumen.
Metode pendekatan yang digunakan terstruktur dan metode pengembangan
system informasi penjualan pakaian berbasis web yang dibuat sekarang
menggunakan metode prototype, dengan alat bantu pengembangan system
berupa flowmap, diagram konteks, DFD, dan alat perancangan database yang
diusulkan berupa ERD. Hasil dari pembangunan system penjualan barang atau
produk yang berbasis web secara online dapat diakses dengan cepat dan dapat
digunakan oleh calon pelanggan yang akan membeli barang atau produk
dimanapun berada tanpa harus mendatangi toko yang bersangkutan. Selain
untuk pelanggan, system informasi yang dibangun pun bermanfaat bagi pihak
toko yang akan mengimplementasikan system informasi tersebut untuk
mengolah beragam data.
Keywords :