Rancangan Instrumen Pengukuran Kinerja Pegawai dengan menggunakan pendekatan Human Resources Scorecard dalam rangka meningkatkan Kinerja Organisasi (Studi Kasus pada Taman Lalu Lintas – Ade Irma Suryani Nasution Bandung)

Asep Zulkifli Achmad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai ”Rancangan Instrumen Pengukuran Kinerja Pegawai Dengan Menggunakan Pendekatan Human Resources Scorecard dalam rangka meningkatkan Kinerja Organisasi (Studi Kasus pada Taman Lalu Lintas – Ade Irma Suryani Nasution Bandung)”. Penelitian ini diharapkan juga memberikan sumbangan dalam aspek praktis (daya guna) yaitu masukan kepada pihak manajemen Taman Lalu Lintas AISN Bandung, atau institusi lain yang sejenis dalam melakukan implementasi dan kebijakan serta pengambilan keputusan terutama yang berkaitan dengan masalah kinerja sumber daya manusia dalam rangka peningkatan citra dan peningkatan fungsi lembaga / perusahaan.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan  data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2016.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kinerja pegawai Taman Lalu Lintas berada dalam kriteria kinerja kurang baik. Faktor penghambat pengukuran kinerja pegawai di Taman Lalu Lintas Bandung yaitu pelatihan, pengalaman, pendapatan, kepemimpinan, supervisi, pengembangan karir, uraian tugas, dan metode penilaian kinerja. Faktor penting dalam implementasi Human Resources Scorecard yaitu rekrutmen karyawan yang memiliki kompetensi yang sesuai, meningkatkan kualitas pelayanan internal.


Keywords


Human Resources Scorecard, Kinerja pegawai, Kinerja Organisasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Asep Zulkifli Achmad