RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI SIMULASI PRODUK UBIN KEPADA KONSUMEN TOKO BAHAN BANGUNAN BERBASIS ANDROID
Main Article Content
Abstract
Munculnya ragam desain ubin dan cat mendorong pihak toko dalam menyediakan ragam produk tersebut. Namun, banyaknya ragam produk ubin dan cat juga membuat konsumen kesulitan memilih desain yang sesuai dengan ekspektasi mereka, terutama jika terjadi ketidakcocokan produk yang akan dipakai. Untuk mengatasi masalah ini, toko bahan bangunan perlu memberikan informasi serta gambaran produk yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Salah satu solusi yang dapat diambil adalah dengan menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) dalam memilih produk ubin lantai pada toko bahan bangunan. oleh sebab itu pada penilitian ini dibangun aplikasi Augmented Reality (AR) sebagai simulasi produk ubin kepada konsumen toko bahan bangunan berbasis android. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity 3D juga package AR Fondation dan AR Interaction Toolkit yang berfungsi dalam mensimulasikan serta berinteraksi objek Augmented Reality (AR). Dengan aplikasi Augmented Reality (AR) ini, konsumen dapat melihat langsung gambaran penerapan produk secara realistis, sehingga dapat memudahkan mereka dalam memilih produk yang tepat. Hal ini juga dapat membantu pegawai toko dalam memberikan penjelasan dan saran kepada konsumen, serta meminimalkan risiko ketidakcocokan produk.
Article Details
Section
References
[2] John,W.,Sons.(2011). Prototyping Augmented Reality, Indianapolis, Indiana.
[3] M. Qadriyanto and S. Bahri, “Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3d Furniture Interior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Markerless Berbasis Android,” J. Coding, vol. 06, no. 03, pp. 237 – 246, 2018.
[4] X. Liu, Y.-H. Sohn, and D.-W. Park, “Application development with vuforia and unity 3D,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 13, no. 21, p. 43, 2018.
[5] Unity, “Vector3,” https://docs.unity3d.com/, 2023. https://docs.unity3d.com/ScriptReference/Vector3.html (diakses Nov. 15, 2022).
[6] Unity, “Transform,” https://docs.unity3d.com/, 2023.https://docs.unity3d.com/ScriptReference/Transform.html (diakses Nov. 15, 2022).
[7] Unity, “Transform. position,” https: //docs.unity3d.com/ , 2023. https: //docs. unity3d.com/ScriptReference/Transform-position.html (diakses Nov. 15, 2022).
[8] Unity, “Transform.Rotate,” https:// docs.unity3d.com/ , 2023. https://docs.unity3d. com/ScriptReference/Transform.Rotate.html (diakses Nov. 15, 2022).
[9] Technologies, Unity. “Unity's AR Foundation Framework.”Unity, unity.com/unity/ features /arfoundation# Aframework purpose-built for,mobile and wearable AR devices
[10] M. F. A. Muri, H. S. Utomo, and R. Sayyidati, “Search Engine Get Application Programming Interface,” J. Sains Dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 88–97, Dec. 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.175.
[11] E. Heriyanto, E. Kumalasarinurnawati, and D. Andayati, “Skripsi Implementasi Kecerdasan Buatan Pada Game Menggunakan Metode Pathfinding Dengan Game Engine Unity3D,” J. Scr., vol. 5, no. 2, pp. 56 – 62, 2018,[Online].
[12] N. M. Shah and N. H. Adnan, “Designing Teaching and Learning for C # Programming through Massive Open Online Courses ( MOOCs ),” Asian J. Res. Educ. Soc. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 41–48, 2021.
[13] A. Hendini, "Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak)," Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, pp. 108-111, 2016.
[14] Suryana, Taryana. "Pengantar Sistem Berbasis Objek".
[15] W. Widiyanto, “Analisa Metodologi Pengembangan Sistem Dengan Perbandingan Model Perangkat Lunak Sistem Informasi Kepegawaian Menggunakan Waterfall Development Model, Model Prototype, Dan Model Rapid Application Development (RAD),” vol. 4, hlm. 7, 2018.