Sistem Informasi Perbaikan Kualitas Layanan Laundry Di UMKM Baby Dear Karawang
Main Article Content
Abstract
Di masa sekarang perusahaan dituntut agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya, karena setiap tahunnya persaingan bisnis antar perusahaan sejenis pasti semakin meningkat. Sehingga perusahaan perlu membangun sistem perbaikan kualitas layanan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan, adanya keluhan dari pelanggan dapat menyebabkan pelanggan pindah ke penyedia jasa laundry lain maka dari itu dibutuhkanlah sistem untuk memperbaiki kualitas layanan laundry di Baby Dear Karawang, selain itu maksud dan tujuan dari Sistem Informasi Perbaikan Kualitas layanan Laundry di BabyDear Karawang ini adalah memberikan rekomendasi perbaikan kualitas layanan kepada pemilik yang nantinya hasil rekomendasi tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas layanan. Dari permasalahan tersebut maka munculah suatu gagasan untuk menerapkan Customer Relationship Management, yang nantinya dapat membantu pemilik dalam memberikan rekomendasi perbaikan kualitas layanan. Dalam pembangunan Sistem Informasi Perbaikan Kualitas layanan Laundry di BabyDear Karawang ini peneliti menggunakan metode Service Quality . Berdasarkan hasil pengujian Sistem Informasi Perbaikan Kualitas layanan Laundry di BabyDear Karawang ini dapat membantu mengatasi permasalahan yang terjadi. Pemilik mendapatkan rekomendasi dari sistem pada layanan apa perbaikan perlu dilakukan dengan menggunakan metode Service Quality
Article Details
Section
References
E. Eliana dan M. D. Rahmatya, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA PONDOK PESANTREN PEMBANGUNAN SUMUR BANDUNG,” Jurnal Teknologi dan Informasi, No. 1, Vol. 9, 2019.
Wardana, E. A., Suharno, S., & Wasil, M., “Pengaruh customer relationship management (crm) dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen,” Jurnal Ilmu Manajemen Mulawarman (JIMM), 3(3), 2019.
Zahro, N. U., & Prabawani, B., “Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan TV Kabel di Kecamatan Tembalang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. MNC Sky Vision-Indovision Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 9-15, 2018.
Yunitarini R., Santoso P.B., Nurwarsito H. (2012). Implentasi Perangkat Lunak Electronic
Customer relationship management (E-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM.EECCIS Vol.6, No.1, Juni 2012.
I. A. Pangestu dan G. T. Mardiani, “SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PRODUK DENGAN PENDEKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DI CV. XYZ,” KOMPUTA : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 10, no. 2, 78-86, 2021.
A. Sunandar dan R. Lubis, “PENERAPAN CROSS SELLING PADA SISTEM CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PENJUALAN BUKU,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 7, no. 2, 69-76 2018.
Yunitarini Rika, Santoso Purnomo Budi, Nurwarsito Heru, “Implementasi Perangkat Lunak Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) dengan Metode Framework of Dynamic CRM”, Jurnal EECCIS, vol.6, pp.84-85, 2012.
K. A. Nugraha dan U. D. Widianti, “SISTEM PENANGANAN KELUHAN DAN PENGEMBANGAN PRODUK DI MUTIARA PACKAGING MENGGUNAKAN PENDEKATAN CRM,” 2019.
Kitapci, O, Akdogan, C., & Dortyol, I.T., “The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word-of-Mouth Communication in the Public Healthcare Industry,” Social and Behavioural Science, 161-169, 2014.
A. Iskandar dan A. Februadi., “PENGARUH DIMENSI SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI BAGIAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT IMMANUEL BANDUNG," Majalah Ilmiah UNIKOM, 87-95, 2021.
Yanuardi, Y., & Permana, A. A. “RANCANG Bangun Sistem Informasi Keuangan Pada Pt. Secret Discoveries Travel And Leisure Berbasis Web,” JIKA (Jurnal Informatika), 2(2), 2019.
Kusuma, S. B., “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Aplikasi Point of Sale Berbasis Website Pada Ud. Es Drop Cita Rasa,” Jurnal Manajemen Informatika, 7(2), 36-45, 2017.
Susanto, A. (2017). Sistem Informasi Manajemen Konsep dan Pengembangannya Secara Terpadu. Bandung: Linggar Jaya.
Fandy Tjiptono. Ph.D, Gregorius Chandra. “Service, Quality dan Satisfaction”, Edisi ke Empat. Yogyakarta: ANDI, 2016.