PENERAPAN DATA MINING ASOSIASI GENRE GAME UNTUK MARKET RESEARCH

Main Article Content

Enrico Anderson
Fakhrian Fadlia Adiwijaya

Abstract

Dibeberapa tahun belakangan ini industri game mengalami perkembangan di global maupun Asia yang sangat pesat. Salah satunya Indonesia yang memiliki besar hingga 1,1 Milliar Dollar pada tahun 2018 yang menjadikan Indonesia salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara. Akan tetapi Indonesia masih menguasai sedikit pasar tersebut yang sekarang masih didominasi oleh industri asing. Dalam melakukan development seorang developer perlu melakukan pemahaman pasar terlebih dahulu yaitu dengan melakukan Market Research. Akan tetapi kegiatan ini memakan waktu yang lama dan memerlukan usaha yang banyak jika dilakukan secara independen. Dengan menggunakan data mining untuk mempelajari produk yang populer dipasar melalui genre kita dapat mempercepat proses game market research. Data mining dibutuhkan untuk memberikan rekomendasi serta pengetahuan yang berharga kepada seorang game developer yang mau melakukan market research secara independen. Dengan memberikannya rekomendasi menggunakan data mining association rule untuk mempelajari pasar kita dapat mengetahui produk yang populer dan korelasi dengan genre gamenya.

Article Details

Section

Articles

References

Steve. Rabin, “Introduction to game development,” p. 979, 2005.
E. Bethke, “Game development and production,” Booksgooglecom, vol. 62, p. 432, 2003.
M. E. Moore and J. Novak, “Game development essentials. Game industry career guide,” p. 323, 2010.
E. F. McQuarrie, “The market research toolbox : a concise guide for beginners,” p. 253, 2012.
Indigo Academy. Market Research [Online]. https://academy.indigo.id/mod/book/view.php?id=174&chapterid=84 [Diakses 14 Juni 2022]
D. T. Larose and C. D. Larose, Discovering Knowledge in Data. 2014. doi: 10.1002/9781118874059.
“IBM SPSS Modeler CRISP-DM Guide,” 1994. [Online]. Available: http:// www.ibm.com/ spss.
D. T. Larose and C. D. Larose, “DISCOVERING KNOWLEDGE IN DATA An Introduction to Data Mining Second Edition Wiley Series on Methods and Applications in Data Mining.”. 2014
Y. Septiana and D. Dharmayanti, “PENERAPAN IMPROVED APRIORI PADA APLIKASI DATA MINING DI PERUSAHAAN KALVIN SOCKS PRODUCTION,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), vol. 35, no. 1, 2016.
Y. Q. Wei, R. H. Yang, and P. Y. Liu, “An improved Apriori algorithm for association rules of mining,” ITME2009 - Proceedings 2009 IEEE International
Symposium on IT in Medicine and Education, pp. 942–946, 2009, doi: 10.1109/ITIME.2009.5236211.
N. Sharma and C. Kant Verma, “Association Rule Mining: An Overview,” 2014.
L. Chen, M. Zaharia, dan J. Zou, “Efficient Online ML API Selection for Multi-Label Classification Tasks,” dalam Proceedings of the 39th International Conference on Machine Learning, Sep 2022, vol. 162, hlm. 3716–3746. [Daring]. Available: https://proceedings.mlr.press/v162/chen22ad.html/
Video Game Insight. How to Estimate Steam Video Game Sales? [Online]. https://vginsights.com/insights/article/how-to-estimate-steam-video-game-sales [Diakses 5 Mei 2022]
GameDeveloper. Genre Viability on Steam and Other Trends – An Analysis Using Review Count 2 [Online]. https://www.gamedeveloper.com/business/genre-viability-on-steam-and-other-trends---an-analysis-using-review-count [Diakses 15 Agustus 2022]
Steam. Popular Tags [Online]. https://store.steampowered.com/tag/browse [Diakses 14 Juni 2022]