Abstract

PT. Farhan Surya Indah atau Farhan Surya Indah Tours & Travel merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa dalam pelayanan umroh. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan Ibu Een Endrawati selaku Direktur Utama dan Ibu Nur Faizah selaku pihak Divisi Marketing di PT. Farhan Surya Indah, divisi marketing mengalami kesulitan dalam menentukan pelanggan yang akan mendapatkan voucer. Permasalahan selanjutnya adalah divisi marketing mengalami kesulitan dalam menentukan paket umroh yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan maupun calon pelanggan baru. Permasalahan selanjutnya adalah beberapa pelanggan merasa kesulitan dalam memesan paket umroh kepada perusahaan karena pemesanan hanya dilakukan melalui koordinator lapangan daerah masing-masing kota dan datang langsung ke perusahaan. Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan, pendapatan dan kepuasan pelanggan. Konsep CRM diawali dengan mengenal, mengetahui, dan menggali apa yang dibutuhkan dan diharapkan oleh pelanggan, sehingga perusahaan dapat lebih mudah untuk mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggannya. Berdasarkan hasil dari pengujian, sistem yang dibangun telah dapat menyelesaikan permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya, yaitu membantu divisi marketing dalam menentukan pelanggan yang akan mendapatkan voucer kepada pelanggan berdasarkan tingkat segmentasi pelanggan dengan analisis RFM, dapat membantu divisi marketing dalam menentukan paket umroh yang akan ditawarkan kepada pelanggan yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, serta memudahkan pelanggan dalam memesan paket umroh secara online.