APLIKASI E-TOURISM UNTUK MEREKOMENDASIKAN PERJALANAN SESUAI DENGAN TEMPAT WISATA YANG SEDANG POPULER DI INSTAGRAM

Main Article Content

Ahmad Umar Faruq

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Saat ini Indonesia memiliki 34 Provinsi , tentunya dengan 34 Provinsi ini Indonesia sangat kaya dengan destinasi tujuan wisata. Dikarenakan banyaknya objek wisata yang beragam, wisatawan bisa memilih kemana mereka akan berlibur. Dari banyaknya objek wisata yang beragam, masih adanya keluhan wisatawan yang mengatakan bahwa sedikitnya waktu yang mereka punya untuk mencari informasi terkait tempat wisata dan pembuatan rencana perjalanan ke tempat wisata yang ingin mereka kunjungi. Sehingga mereka hanya berlibur ke tempat yang sebelumnya pernah mereka kunjungi saja. Pembangunan aplikasi e-tourism untuk memberikan rekomendasi tempat wisata sekaligus memfasilitasi wisatawan untuk merencanakan perjalanan ke tempat wisata yang ditampilkan yang diharapkan bisa memberikan kemudahan untuk wisatawan yang masih kebingungan dalam menentukan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Untuk metode pembangunan aplikasinya sendiri menggunakan Waterfall, dan aplikasinya berbasis mobile android, menggunakan bahasa pemrograman Kotlin untuk di client, dan bahasa pemrograman Golang untuk di server, serta menggunakan API Instagram untuk mengambil rekomendasi tempat wisata yang populer, dan API Tiket.com untuk mempermudah wisatawan dalam melakukan pemesanan tiket pesawat dan hotel. Pembangunan aplikasi ini mendapatkan hasil persentase pengujian 79,71% yang diharapkan bisa mempermudah wisatawan dalam menemukan dan pembuatan rencana perjalanan ke tempat wisata yang populer di Instagram.

Article Details

Section

Articles

References

[1] Umar, Abdullah, et al. "Strategi Pengembangan Bisnis Pada Bisnis Pariwisata." Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul 7.2 (2016): 79225.
[2] Al Husaini, Chandra. Perancangan Informasi Objek Wisata Curug Layung Melalui Media Video Dokumenter. Diss. Universitas Komputer Indonesia, 2019.
[3] Nurhajati, Nunun. "Dampak Pengembangan Desa Wisata Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi di Desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung)." Publiciana 11.1 (2018): 1-13..
[4] Bhahri, Syamsul. "E-Tourism Dalam Pengenalan Sektor Pariwisata Berbasis Android Di Kota Makassar." E-JURNAL JUSITI: Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 10.1 (2021): 94-106.
[5] Meiliana, Meiliana, Krishna Nugraha, and Kevin Liemunandar. "Perencanaan dan Penjadwalan Pariwisata Dengan Konsep Jejaring Sosial." ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications 5.2 (2014): 593-600.
[6] Agustia, Richi Dwi, and Ardiyan Suardi. "PEMBANGUNAN APLIKASI PERENCANAAN PERJALANAN BAGI WISATAWAN." Majalah Ilmiah UNIKOM 16.2 (2018): 163-172.
[7] Pariwisata, W. "Pengertian Pariwisata." Retrieved Mei 7 (2013): 2014.
[8] Antara, Dimas Bima, and Satria Abadi. "Perancangan Aplikasi E-Tourism Laguna Teluk Kilauan Sebagai Media Promosi Wisata Berbasis Android." Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi 1.1 (2018): 22-25.
[9] Baihaqqi, Lukman, and Chrismikha Hardyanto. "Rancang Bangun Aplikasi Rekomendasi Pemesanan Jasa Fotografi Dan Model Freelance Berbasis Android." Jurnal Penelitian Mahasiswa Teknik dan Ilmu Komputer (JUPITER) 2.1 (2022): 1-10.
[10] Mintarsih, Fitri, Rizal Bahawarez, and Siti Ulfah Fauziah. "Analisis Dan Perancangan Aplikasi Mobile Commerce Tiket Travel (M-Ticketing) Pada Smartphone Android (Studi Kasus: Travel Umbara Trans)." JURNAL TEKNIK INFORMATIKA 7.2 (2014).
[11] Komalasari, Rita, Puji Pramesti, and Budi Harto. "Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata." Jurnal Altasia 2.2 (2020): 163-170.
[12] Chaidir, Indra, and Fabriari Sandy. "Pemanfaatkan GPS (Global Positioning System) Menentukan Posisi Autocare Terdekat Menggunakan Metode Sequential." Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu Buana 8.2 (2017): 131-137.
[13] Kereh, Maureen P., Alicia AE Sinsuw, and Xaverius BN Najoan. "Aplikasi E-Tourism Kuliner Kota Manado Dengan Platform Android." Jurnal Teknik Elektro dan Komputer 3.4 (2014): 82-89.
[14] Roger S. Pressman, Software Engineering : A Practitioner's Approach, 7th Edition. McGraw-Hill, 2010.
[15] R. M. and K.Hamilton, Learning UML 2.0. O’Reilly, 2006.