PENGARUH AGLOMERASI INDUSTRI TERHADAP SHORT SEA SHIPPING SEBAGAI KOMPETITOR TRUK UNTUK ANGKUTAN KONTAINER

Donie Aulia, Ibnu Syabri, Puspita Dirgahayani, Pradono Pradono

Abstract


Indonesia adalah negara kepulauan, namun angkutan barang masih didominasi oleh transportasi darat (truk). Padahal angkutan laut jauh lebih efisien dan memiliki kapasitas transportasi lebih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan biaya dan waktu pengangkutan barang antara truk (unimoda) dengan Short Sea Shipping (intermoda) pada teori angkutan barang koridor tunggal dengan skenario lokasi industri (aglomerasi). Studi kasus adalah pengiriman kontainer area Kota Bandung Jawa Barat ke kota Medan Sumatera Utara. Transportasi kontainer menggunakan truk kontainer dan kapal kontainer. Hasil analisa menunjukkan biaya dan waktu apabila lokasi indusstri jauh dari pelabuhan maka biaya dan waktu menggunakan truk adalah 15 juta dan 77,2 jam, sedangkan menggunakan Short Sea Shipping 19 juta dan 183,6 jam. Apabila lokasi industri terletak di kawasan pelabuhan laut maka, biaya dan waktu angkut menggunakan truk adalah 10 juta dan 179,6 jam, sedangkan menggunakan Short Sea Shipping adalah 15,5 juta dan 74 jam. Terjadi efisiensi biaya dan waktu sebesar 33% dan 6% bila lokasi industri/pabrik berada di kawasan pelabuhan.

------------------------------------------------------------------------------------------

Indonesia is an archipelago, but freight transportation is still rejected by land transportation (trucks). More costs and more transportation capacity. The purpose of this study was to compare the cost and time of transporting truck goods (unimoda) with Short Sea Shipping (intermoda) on the theory of freight transport with industrial location scenarios (agglomeration). The case study is shipping containers in the area of Bandung City, West Java to the city of Medan, North Sumatra. Container transportation uses container trucks and container ships. The results of the analysis of costs and time of use of the price are the costs and the amount of usage of 15 million and 77.2 hours, while using Short Sea Shipping is 19 million and 183.6 hours. If the industrial location is located in the sea port area, then the cost and time of the vehicle is 10 million and 179.6 hours, while using Short Sea Shipping is 15.5 million and 74 hours. The complexity of costs and time is 33% and 6% if the industrial / factory location is in the port area


Keywords


Short Sea Shipping;Kontainer;Aglomerasi;Container;Agglomeration

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.