ENGUKURAN KINERJA LAYANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN (SIMPEG) DENGAN MENGGUNAKAN COBIT 4.1 STUDI KASUS : POLITEKNIK NEGERI BANDUNG

Eko Muhammad Yanuar, Yasmi Afrizal, Irawan Afrianto

Abstract


Layanan SIMPEG memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam memberikan dukungan informasi kepegawaian untuk mendukung operation, yaitu layanan- layanan kepegawaian mulai dari seleksi pegawai hingga pemberhentian pegawai dan membantu manajemen dalam decision making bidang sumber daya manusia di lingkungan Politeknik Negeri Bandung (Polban). Namun sasaran pengendalian layanan SIMPEG untuk efisiensi, efektifitas dan ketersediaan layanan SIMPEG belum optimal sehingga untuk mengetahui sejauh mana kinerja layanan SIMPEG telah dapat merepresentasikan tujuan bisnis organisasinya dan apakah layanan SIMPEG yang telah berjalan saat ini sudah sesuai dengan proses bisnis, perlu dilakukan evaluasi kinerja melalui kegiatan pengukuran kinerja layanan SIMPEG di Unit Sub Bagian Kepegawaian Polban. Pengukuran kinerja layanan SIMPEG dilakukan dengan menggunakan framework COBIT 4.1. Capaian Proses TI yang diukur adalah domain Plan and Organize (PO8), Acquire & Implement (AI4), dan Delivery and Support (DS1, DS2, DS3, DS4, DS7, DS8, DS10, DS13). Langkah-langkah penelitian bermula dari analisis ruang lingkup masalah, studi kepustakaan, pemodelan proses bisnis, pemodelan proses COBIT, pembuatan kuesioner, penentuan Maturity Level, pembuatan rekomendasi perbaikan dan penarikan kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil pengukuran diketahui bahwa as-is maturity level adalah 3, hal ini berarti bahwa tingkat kematangan TI Layanan SIMPEG pada instansi Polban berada pada level Defined Process dimana tingkat kematangan ini, umumya proses dilengkapi dengan prosedur-prosedur yang terstandarisasi, terdokumentasi dan dikomunikasikan melalui pelatihan secara formal 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All Copyright © 2017 reserved by Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia