DISAIN ARSITEKTUR KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI YAYASAN BPK GKP BANDUNG

Yeffry Handoko Putra, Yarith Tialen, Yasmi Afrizal

Abstract


Tenaga Pendidik di Yayasan BPK GKPB sering mengalami permasalahan untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan tuntutan kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik. Hal ini antara lain disebabkan karena knowledge kompetensi pedagogik di organisasi yang belum dikelola dan minimnya budaya sharing knowledge. Berdasarkan hal tersebut, Yayasan BPK GKPB membutuhkan Knowledge Management System (KMS) yang dapat mengelola asset knowledge dari setiap anggota organisasi.

Dengan menggunakan pendekatan SSM (Soft System Methodology), dilakukan studi pengenalan masalah yaitu bagaimana organisasi melakukan pengembangan kompetensi pedagogik guru, bagaimana organisasi mengelola knowledge, bagaimana organisasi melakukan sharing knowledge, knowledge kompetensi pedagogik apa yang dibutuhkan dan KMS yang dibutuhkan serta hambatan-hambatannya. Selanjutnya masalah- masalah tersebut diekspresikan dalam bentuk rich picture, membangun makna nilai, pengembangan model konsep dan membandingkannya dengan realitas serta pengembangan intervensi yang selanjutnya diperoleh sebuah arsitektur KMS kompetensi pedagogik guru.

Dengan adanya aristektur KMS ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi bagi organisasi untuk membangun KMS yang sesuai, sehingga organisasi dapat melakukan proses-proses manajemen pengetahuan yaitu bagaimana pengetahuan dapat diakuisisi, disimpan, dibagi dan di update untuk meningkatkan kompetensi pedagogik tenaga pendidik sehingga tenaga pendidik dapat mengembangkan kompetensinya untuk menjadi guru profesional dan dapat meningkatkan kualitas layanan Yayasan BPK GKPB dengan adanya asset knowledge yang dimiliki dan dikelola dengan baik. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


All Copyright © 2017 reserved by Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia