Analisa Perilaku User Dalam Penerimaan Dan Transaksi Online Pada Website Groupon DISDUS Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TA

  • Yeffry Handoko Putra Program Studi Magister Sistem Informasi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Komputer Indonesia http://orcid.org/0000-0003-3993-4647
  • Istiqomah . Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Groupon Disdus adalah website yang menyediakan berbagai macam produk seperti baju, aksesoris, voucher promo dan lain sebagainya dengan harga yang murah atau sudah diberi diskon. Penelitian ini mengkaji tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi para calon konsumen dalam melakukan transaksi pada situs-situs group buying terutama Groupon Disdus. Salah satu metode yang dapat mengidentifikasi faktor-faktor penerimaan sebuah sistem adalah dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Model TAM yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memodifikasi model TAM yang dikembangkan oleh Pavlou yaitu model yang khusus untuk mengidentifikasi penerimaan user terhadap sistem e-commerce, faktor-faktor penelitian yaitu Itention to Transact, Trust, Perceived Risk, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Actual Transaction. Hasil yang diperoleh adalah Groupon Disdus diharapkan dapat membangun kepercayaan konsumen salah satunya adalah dengan mengurangi rasa kekhawatiran konsumen dalam melakukan transaksi pada Groupon Disdus, menyediakan kemudahan/ketersediaan akses misalnya dengan membuat Groupon Disdus versi desktop dan mobile, memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar mereka mau melakukan transaksi kembali pada Groupon Disdus dan merekomendasikan Groupon Disdus kepada pengguna yang lain. 

Published
2017-08-01
How to Cite
Handoko Putra, Y., & ., I. (2017). Analisa Perilaku User Dalam Penerimaan Dan Transaksi Online Pada Website Groupon DISDUS Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TA. Jurnal Tata Kelola Dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, 2(1). https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v1i2.293
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)