Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-learning Di SMAN 3 Cimahi Menggunakan COBIT 4.1 pada Domain DS DAN ME

  • Yanti Hermawati P Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia
  • Ana Hadiana STMIK LIKMI Bandung
  • Taryana Suryana Magister Sistem Informasi Universitas Komputer Indonesia

Abstract

SMAN 3 Cimahi telah menggunakan sistem pembelajaran E-Learning website sekolah sejak tahun 2011 tetapi sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran kinerja pembelajaran E-Learning. Penelitian dilakukan untuk mengetahui maturity level pembelajaran E-Learning dengan menggunakan COBIT 4.1 (Control Objectives for Information and Related Technologies) pada domain DS (Deliver and Support) dan ME (Monitor and Evaluate). Hasil penilaian tingkat kematangan/maturity level kondisi existing berada pada level rata-rata 2, sedangkan kondisi yang ingin dicapai rata-rata berada pada level 3. Untuk mencapai level yang diinginkan maka rekomendasi perbaikan yang mengacu kepada framework COBIT perlu diberikan diantaranya: pembuatan SOP (Standar Operasional dan Prosedur) E-Learning, melengkapi konten E-Learning, tertib administrasi pendokumentasian arsip-arsip penting, realisasi pelatihan E-Learning kepada guru-guru, pengalokasian pengeluaran biaya pemeliharaan dan pengujian sistem, penerapan reward dan punishment, pembuatan dan penggunaan kerangka kerja dan tata kelola E- Learning dan semuanya dilakukan secara berkala minimal setiap 6 bulan sekali. 

Published
2017-12-29
How to Cite
Hermawati P, Y., Hadiana, A., & Suryana, T. (2017). Pengukuran Kinerja Pembelajaran E-learning Di SMAN 3 Cimahi Menggunakan COBIT 4.1 pada Domain DS DAN ME. Jurnal Tata Kelola Dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v1i1.291
Section
Articles