Peramalan Penjualan Barang Single Variant Menggunakan Metode Arima, Trend Analysis, Dan Single Exponential Smoothing (Studi Kasus : Toko Swalayan XYZ)

  • Fajar Sidqi Program Studi Magister Sistem Informasi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Komputer Indonesia
  • Irfan Dwiguna Sumitra Program Studi Magister Sistem Informasi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Komputer Indonesia

Abstract

Ketersediaan barang pada suatu toko menjadi hal yang sangat penting. Peramalan (forecasting) merupakan alat bantu yang digunakan untuk membantu meramalkan suatu data yang dibutuhkan organisasi atau perusahaan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meramalkan penjualan suatu produk yang mempunyai risiko kerusakan yang tinggi dan waktu kadaluarsa yang cepat dengan menggunakan teknik yang ada dalam forecasting. Peramalan juga dapat digunakan untuk membuat pengaman stok produk pada Toko Swalayan XYZ. Hasil penelitian ini berupa peramalan penjualan suatu produk pada toko dengan menggunakan metode yang ada pada forecasting yang disesuaikan dengan data penjualan satu produk. Metode yang digunakan dalam peramalan yaitu metode ARIMA, Trend Analysis, dan Single Exponential Smoothing. Metode Trend Analysis memiliki tingkat akurasi paling tinggi dengan MAPE 9.91%, yang berarti peramalan sangat baik, dibandingkan ARIMA dengan MAPE 37.21% dan Single Exponential Smoothing dengan MAPE 10%. Sehingga hasil dari peramalan Trend Analysis akan digunakan untuk proses pengambilan keputusan tentang peramalan stok barang dan pengaman stok pada masa yang akan datang.

Published
2019-01-05
How to Cite
Sidqi, F., & Sumitra, I. (2019). Peramalan Penjualan Barang Single Variant Menggunakan Metode Arima, Trend Analysis, Dan Single Exponential Smoothing (Studi Kasus : Toko Swalayan XYZ). Jurnal Tata Kelola Dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi, 5(1). https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v5i1.2301
Section
Articles