Evaluasi Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Sosialisasi Gempa Bumi Dan Tsunami Pada BMKG GOES TO SCHOOL Menggunakan COBIT 2019
DOI:
https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v11i1.16270Abstract
Peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami menjadi prioritas dalam sistem pendidikan di Indonesia. Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai bencana tersebut, teknologi Augmented Reality (AR) telah diimplementasikan dalam program BMKG Goes to School. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran AR menggunakan kerangka kerja COBIT 2019, khususnya pada domain Evaluate, Direct, and Monitor (EDM), Deliver, Service, and Support (DSS), dan Monitor, Evaluate, and Assess (MEA). Metode penelitian meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner dan wawancara dengan siswa dan guru yang terlibat dalam program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa tentang kesiapsiagaan bencana, dengan sebagian besar kategori mencapai capability level yang tinggi. Namun, terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan lebih lanjut, seperti pengelolaan permintaan dan insiden layanan serta pengelolaan perubahan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan lebih lanjut dari teknologi AR dalam pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Tata Kelola dan Kerangka Kerja Teknologi Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.