Evaluasi Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Sosialisasi Gempa Bumi Dan Tsunami Pada BMKG GOES TO SCHOOL Menggunakan COBIT 2019

Authors

  • R. Ruhimat Badan Meteorologo Klimatologi dan Geofisika, Indonesia
  • Irfan Dwiguna Sumitra Magister Sistem Informasi UNIKOM

DOI:

https://doi.org/10.34010/jtk3ti.v11i1.16270

Abstract

Peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami menjadi prioritas dalam sistem pendidikan di Indonesia. Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa mengenai bencana tersebut, teknologi Augmented Reality (AR) telah diimplementasikan dalam program BMKG Goes to School. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas media pembelajaran AR menggunakan kerangka kerja COBIT 2019, khususnya pada domain Evaluate, Direct, and Monitor (EDM), Deliver, Service, and Support (DSS), dan Monitor, Evaluate, and Assess (MEA). Metode penelitian meliputi analisis data kuantitatif dan kualitatif melalui kuesioner dan wawancara dengan siswa dan guru yang terlibat dalam program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran AR secara signifikan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa tentang kesiapsiagaan bencana, dengan sebagian besar kategori mencapai capability level yang tinggi. Namun, terdapat beberapa area yang memerlukan perbaikan lebih lanjut, seperti pengelolaan permintaan dan insiden layanan serta pengelolaan perubahan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penting bagi pengembangan lebih lanjut dari teknologi AR dalam pendidikan.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles

How to Cite

[1]
“Evaluasi Media Pembelajaran Augmented Reality Untuk Sosialisasi Gempa Bumi Dan Tsunami Pada BMKG GOES TO SCHOOL Menggunakan COBIT 2019”, JTK3TI, vol. 11, no. 1, pp. 62–68, May 2025, doi: 10.34010/jtk3ti.v11i1.16270.

Most read articles by the same author(s)